selasar-loader

Siapa Guru SMA paling favorit Anda dan mengapa beliau begitu mengesankan Anda?

LINE it!
Answered Nov 26, 2016

Setiap kita pernah SMA. Disamping punya kisah kasih di sekolah, kita pasti punya Guru Guru yang favorit yang inspiratif.  Ada yang guru Sejarah, Guru Kimia, Fisika, Bahasa atau olahraga dan Agama. Pelajaran yang ia ajarkan. Hikmah dan nasehat yang pernah beliau sampaikan.

Siapakah guru SMA kamu kamu yang paling berkesan tersebut?


Arfi Bambani
Tak ada Guru Silat, yang ada Tua Silat. Pesilat belajar sampai akhir hayat.

No Smoke at SMA N 1 Padang

Sumber gambar via AB

Pak AG, begitu kami memanggilnya berdasarkan singkatan namanya. Beliau mengajar Sosiologi atau IPS secara umum. Namun, yang membuat saya terkesan dengan beliau adalah pendekatan berkawannya kepada siswa.

Beliau adalah guru pembimbing siswa Pecinta Alam. Sebuah ekstrakurikuler yang kerap diasosiasikan kumpulan anak-anak berandal di sekolah kami. Pak AG mungkin paham karena mendalami Sosiologi, konflik atau energi harus disalurkan. Sispala adalah saluran energi bagi siswa-siswa yang kelebihan energi.

"Betul apa betul?" Itu ujaran yang sering diulang Pak AG setiap kali memberi pengarahan. 

Pak AG juga yang kerap membela para siswa pecinta alam ini untuk tetap beraktivitas di alam. Kerap kali, dia langsung yang turun ke lapangan mengawasi kami. Jadilah kami siswa-siswa yang punya rasa percaya diri tinggi. Saya pribadi merasa, momen-momen saat aktif di Sispala inilah yang meletakkan dasar percaya diri saya saat ini.

Di masa saya jadi pengurus, Sispala kami menjadi juara umum se-Sumatera saat ada kejuaraan lintas alam yang menempuh jarak lebih dari 60 kilometer. Dan untuk dicatat, kami mengalahkan semua kelompok pecinta alam, termasuk kelompok mahasiswa pecinta alam.

Anggota-anggota Sispala ini, meski kebanyakan tak begitu mencolok secara akademik saat sekolah karena lebih banyak punya kegiatan di luar, saat ini alumninya rata-rata sukses di bidangnya sendiri. Rata-rata berkarier atau memiliki usaha yang tak jauh-jauh dari alam, apakah itu event organizer, insinyur pertambangan, atau wartawan seperti saya. Kami melanglang buana ke mana saja.

Sayang sekali, ketika kepala sekolah berganti, saat saya sudah lulus sekolah, Sispala ini dibekukan. Kini Sispala bergerak di luar sekolah yang tentu saja berarti sekolah membiarkan "kanalisasi" berlangsung di luar sekolah alias tak bisa diawasi.

Sekolah-sekolah jelas membutuhkan figur seperti Pak AG ini. "Betul apa betul?"

642 Views
Write your answer View all answers to this question