selasar-loader

Apakah RT dan RW masih dibutuhkan di Jakarta? Seperti apa peran yang diharapkan?

LINE it!
Answered Aug 08, 2017

Dalam tulisan di Jurnal ini, saya sudah menjabarkan dinamika yang terjadi terkait lembaga RT dan RW di Jakarta. Secara singkat, telah terjadi pergeseran peran RT/RW sehingga eksistensinya seolah kurang dibutuhkan. Andai masih dibutuhkan dan perlu dipertahankan, seperti apa peran dan fungsi yang layak diberikan kepada RT/RW? Apakah cukup menjadi neigborhood association seperti di luar negeri, yang bukan merupakan kepanjangan tangan pemerintah?


Sandiaga Salahuddin Uno
Former CEO of Saratoga Capital

vfZ31ObiPtiug0klTfJEsRjIBMANHzzC.jpg

Pertanyaan menarik, Shendy!

Peran RT/RW masih sangat dibutuhkan untuk menyukseskan partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan. Ayah saya sendiri adalah Pak RT selama 6 periode dan saya melihat sendiri bagaimana pentingnya peran RT dan juga RW untuk membantu baik warga maupun pemerintah untuk mengurus banyak hal, mulai dari kelahiran sampai wafatnya warga.‎ Juga RT dan RW ke depan akan sangat penting posisinya untuk menangkal issue terkini, seperti menyebarnya paham radikalisme, ancaman narkoba, gejala gangguan kejiwaan warga, tawuran, dan lain-lain.

Salam selasar, salam ok oce.

Sumber gambar: google

 

540 Views
Shendy Adam

Terima kasih untuk jawabannya Pak Sandi. Terasa sangat personal karena pengalaman pribadi sebagai anak dari Pak RT. Menarik untuk diskusi lebih lanjut jika Bapak berkenan. Saat ini ada paradoks dari pengaturan mengenai RT/RW. RT/RW sejatinya adalah lembaga kemasyarakatan, yang seharusnya berorientasi pada pengembangan partisipasi komunitas warga (community engagement) berbasis spasial. Akan tetapi selama ini RT/RW juga dibebankan berbagai tugas untuk membantu penyelenggaraan urusan pemerintahan.  Aug 8, 2017

Write your answer View all answers to this question