selasar-loader

Siapa yang cocok didampingi oleh Gatot Nurmantyo pada Pilpres 2019? Prabowo atau Jokowi?

LINE it!
Answered Aug 08, 2017

Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

CNOCEu3WLaeWpElQuxvz1iZEuv0wymKT.jpg

 

Kalau memang akhirnya akan maju di pilpres 2019, Gatot Nurmantyo sebaiknya menjadi kandidat wakil presiden Joko Widodo ketimbang Prabowo Subianto. Pertimbangannya jelas karena faktor elektoral. Meski tak ada hasil kajian empiris, asumsi umum yang berlaku adalah kombinasi sipil-militer lebih menjanjikan ketimbang sipil-sipil, apalagi militer-militer.

Meski rezim orde baru meninggalkan banyak sekali 'dosa politik', orang awam masih beranggapan bahwa kepemimpinan Soeharto lebih baik ketimbang para suksesornya. Kunci keberhasilan Soeharto memenangkan hati rakyat adalah 'stabilitas', yang tak lebih dari sekadar jargon untuk bisa melakukan represi di berbagai bidang sehingga wajar kalau kalangan militer masih selalu mendapat tempat di hati sebagian rakyat, karena dianggap bisa menjamin keadaan sosial politik (dan mungkin ekonomi) yang lebih stabil.

Sedangkan duet militer-militer justru akan merugikan karena dianggap sebagai langkah mundur atas supremasi sipil. Tidak sedikit juga rakyat yang trauma dengan rezim otoritarian, apalagi dari kelas menengah, yang relatif lebih terdidik dan well informed.

sumber: netralnews.com

gambar: news.idntimes.com

283 Views
Sri Oetoro

Kali ini aku komen singkat saja. Yang bagus adalah sipil militer, kalau bisa jawa luar jawa.  Aug 15, 2017

Write your answer View all answers to this question