selasar-loader

Apa itu dumolid?

LINE it!
Answered Aug 06, 2017

Hari Nugroho
Researcher at Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience

WgL7EBf_oS-D9jUWShklv1kMTWJu03Z-.jpg

Setelah Happy 5, Dumolid (kembali) jadi buah bibir, setelah salah satu pesohor berinisial TS ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan 30 butir Dumolid. Dumolid di jalanan dikenal dengan istilah Dum atau Dum-dum, sebenarnya masih satu saudara (baca : satu golongan) dengan Happy 5.

Sama halnya dengan Happy 5, Dumolid merupakan obat psikotropika golongan benzodiazepine. Dumolid sendiri merupakan nama pabrikan (merek) dari obat dengan nama Nitrazepam. Nitrazepam memang salah satu obat golongan benzodiazepine yang banyak disalahgunakan, selain alprazolam, flunitrazepam, dan nimetazepam.

Nitrazepam sebetulnya obat yang digunakan untuk membantu mengatasi insomnia. Obat ini juga dapat membantu mengatasi kecemasan, dan melemaskan otot. Namun demikian obat ini tidak dijual dengan bebas, alias harus didapatkan dengan resep dokter sesuai dengan indikasi dan anjuran dokter. Tentu saja karena dapat menimbulkan ketergantungan, penggunaannya harus dalam kontrol yang ketat. Mereka yang diberikan obat ini, diwajibkan untuk kontrol secara teratur untuk menilai kemajuan pengobatan, penyesuaian dosis, dan melihat apakah ada tanda-tanda adiksi.

Akibat tak dipahaminya kemungkinan adiksi, ada kelompok masyarakat yang memperoleh, menggunakan dan menjualnya dengan tanpa hak. Hal ini tentu dapat menyebabkan timbulnya suatu konsekuensi hukum. Masyarakat cenderung menganggap remeh efek adiksi yang akan ditimbulkan, bahkan disalah satu forum diskusi online ada yang mengatakan konsumsi dumolid tanpa efek samping. Memperihatinkan memang, namun demikianlah faktanya.

Banyak orang yang menggunakan dumolid lebih ke alasan self medication, dumolid membuat mereka dapat tidur, tenang dan membuat semangat dalam beraktivitas. Kekeliruan pemahaman ini mengakibatkan peredaran gelap dan ilegal dumolid semakin menjadi. Sebagaimana benzodiazepine yang lain nitrazepam alias dumolid bekerja dengan mempengaruhi neurotransmitters GABA yang membuat kita merasa rileks dan santai. GABA berperan dalam mekanisme inhibisi neurotransmitter yang bersifat eksitasi seperti dopamine dan serotonin. Sehingga mestinya orang yang mengkonsumsi dumolid akan menjadi santai, rileks dan mengantuk hingga tidur. Ketika konsumen Dumolid membiasakan sebaliknya, itulah tanda telah terjadi suatu toleransi, sehingga GABA tak lagi sensitive dan dikeluarkan, butuh dosis nitrazepam yang lebih tinggi agar supaya GABA dapat berperan. Akibatnya neurotransmitters seperti dopamine dan serotonin tak ada lagi yang mengerem, dan terjadilah rasa-rasa senang, bersemangat, atau hal lain yang efeknya diberkebalikan.

Jika sudah terjadi toleransi dan jumlah yang dikonsumsi semakin tinggi, ketika dosis dikurangi atau dihilangkan akan terjadi gejala withdrawal yang cukup berat bahkan timbul kejang.

Selain itu konsumsi yang tidak semestinya akan mengakibatkan kerusakan organ dan juga mencetuskan gangguan jiwa yang lain.  Maka ada baiknya ketika kita menghadapi permasalahan, jangan segan untuk datang menemui psikiater, sehingga ketika harus diberikan psikofarmaka, akan diberikan secara benar.

Jangan takut datang ke psikiater

484 Views
Write your answer View all answers to this question