selasar-loader

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

LINE it!
Answered Nov 25, 2016

Ada banyak nasihat dan kata-kata baik di dunia ini. Apa nasihat terbaik yang ada dalam hidup Anda?


Arie Putra
Peneliti Komunikasi Politik MediaCitra dan Analis Kebijakan KEIN

Hasil gambar untuk nasihat

Sumber gambar via https://4.bp.blogspot.com/ (SUM)

Seorang politisi "Partai Beringin" berkulit gelap pernah berkata, "Kalau kita kuat, lawan! Kalau kita lemah, adaptasi!" Kalimat sederhana yang membuat orang-orang besar mampu untuk bertahan. Banyak orang jenius kemudian dilupakan sejarah, tetapi orang-orang yang mampu bertahan selalu mendapatkan tempat yang layak.

Saya sering bertemu dengan beberapa akademis jenius, yang tidak lagi mendapatkan kelas di kampusnya. Sebabnya hanya satu, dia melawan penguasa saat dia lemah. Di saat yang bersamaan, kita sering juga melihat politisi yang isi kepalanya dapat kita takar dan dalamnya kantongnya dapat terukur. Akan tetapi, dia selalu mendapat tempat di sisi penguasa.

Masalah terberatnya adalah sulit mengetahui kapan kita benar-benar kuat, kapan saat-saat kita lemah. Rasa emosional dapat membuat kita yang lemah merasa kuat. Terlalu banyak hitungan membuat kita yang kuat merasa lemah. Sebelum mempelajari lawan, kenali diri sendiri jauh lebih penting. 

365 Views
Ahmad Taufik

Terbaik, defenisi terbaik ini bagi saya beragam makna

Bisa jadi karena nasehat itu sendiri
Bisa jadi karena faktor si penyampai nasehat
Bisa jadi karena sikon saat nasehat itu disampaikan

"Nak, ingatlah sholat Lima waktu", nasehat sederhana tapi begitu dalam ketika yang menyampaikan adalah orang terkasih, ibu bapak Tercinta. Apalagi nasehat itu datang ketika hendak pergi jauh, dan terasa sangat bermakna ketika nasehat itu keluar sebelum ia menghadap sang pencipta.

"Awal yang baik, setengah kemenangan, awal yang buruk adalah kehancuran". Nasehat itu disampaikan oleh Sahabat atau kakak kelas sebagai lecutan bagi kami penerus perjuangannya. Nasehat yang bisa ditafsirkan ambigu atau bisa dibantah, namun nasehat itu cukup mengambarkan kunci keberhasilan dari suatu pekerjaan bahkan dari satuan terkecil dari tingkah laku. Misalnya, mahasiswa baru atau karyawan baru, memulai hari pertama kuliah nya atau kerja nya dengan datang tepat waktu. Jadi mereka cenderung di asumsikan meraih peluang keberhasilan yang lebih besar dibandingkan oleh karyawan baru yang hari pertamanya datang terlambat.

Dunia ini penuh dengan kata kata, cerita dan dialetika, sangat sedikit orang yang menyimak (listening), jadilah listener yang baik, sesungguhnya listener yang baik adalah modal dasar yang sangat penting jadi pemimpin atau problem solver dari beragam masalah yang tercipta dari kata-kata.

Ende, 28 Dec 2016
  Dec 28, 2016

Topik Irawan

Kata Bapak,"Pik,jaga sholat lima waktu " saat ane lagi siapin ransel untuk merantau.  Dec 6, 2016

Write your answer View all answers to this question