selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan halal?

LINE it!
Answered Jan 09, 2017

Apa batasannya?


Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

HALAL yang di halalkan oleh Allah ataukah HALAL yang sudah di labelin Majelis Ulama Indonesia?

Yang di halal kan oleh Allah dapat di lihat dari dalil-dalil dalam Al-Qur'an atau Hadits Nabi serta Ijtihad para Ulama yang Wara' dan ahli di bidangnya. sedangkan yang di halalkan MUI dapat di lihat pada produk-produk yang sudah ada label halal MUI nya.

Ada kasus teman yang membuat produksi susu kedelai hingga sekarang tidak dapat sertifikat halal MUI hanya (berbaik sangka) mesin airnya di impor dan sudah di sertifikat halal oleh Majelis Ulama di Malaysia karena emang produk Malaysia.

Tips untuk membedakan antara halal dan haram di dunia ini dalam islam (tanpa harus melihat sertifikat halal buatan manusia) dengan menggunakan kaidah ushul fiqh "Hukum dasar dari segala bentuk peribadatan (Sholat, Puasa, Zakat, Haji, dll) adalah HARAM, kecuali ada dalil perintahnya, begitu juga sebaliknya hukum dasar segala sesuatu di dunia ini perbuatan atau makanan (Zina, Mabuk, Makan Babi, dll) adalah HALAL, kecuali ada larangannya"

Jadi lebih ringkasnya Ibadah menunggu perintah, kalau gak ada perintah ia haram di lakukan. begitu juga sebaliknya makanan atau perbuatan sesuatu yang tidak ada sangkut pautnya dengan ibadah langsung kepada Allah menunggu larangan, jika tidak ada larangan maka halal di lakukan.

386 Views
Write your answer View all answers to this question