selasar-loader

Siapa Afdhal Mahatta, alumnus FHUI?

LINE it!
Answered Jan 09, 2017

Ronny P
Pemuja Langit. Penyeruput Kopi. Dan imigran Gelap di negeri kesunyian

 

BM9B7SRkS4Re1_zpjOn45C_CIFxFeVFR.jpg

Afdhal Mahatta adalah salah satu adik saya. Meminjam istilah Miftah Sabri, beliau adalah salah satu adik kesayangan. Adik bertemu gede. Ketika menjadi adik saya, Afdhal sudah menjadi alumni UI dari Fakultas Hukum dan sudah menjadi staf ahli Komisi Tiga DPR. Dengan kata lain, mendadak jadi adik kesayangan.

Kami bertemu pertama kali di Soto Bang Karto Tenabang bersama dengan Faldo Maldoni dan Indra. Sebelumnya, kami cukup lama bertatap kata di dunia maya saja, WhatsApp tepatnya, baik di grup maupun personal message. Kesan pertama saya, Afdhal orangnya pendiam. Tipikal pemikir, sesuailah dengan profesinya yang staf ahli itu, memetakan situasi terlebih dahulu, sebelum ikut nimbrung melemparkan pendapat. 

Boleh jadi tipikal ini yang menjadi satu dari banyak alasan mengapa Afdhal betah sebagai staf ahli di DPR, yakni tipikal pemikir. Banyak mendengar, mengumpulkan data, dan informasi, memetakan medan, baru mengeluarkan peluru. Ketika cerita terus berlanjut, ternyata beliau kenal dengan orang tua mitra kerja saya yang kebetulan menjadi salah satu anggota Komisi Tiga DPR. Dan ini nampaknya menjadi bumbu yang mempernikmat relasi adik-kakak di antara kami.

Dalam berpandangan, boleh jadi karena terbiasa dengan gaya berpikir Senayan, Afdhal penuh dengan kehati-hatian. Tidak meledak-ledak, menjaga kata, sikap, dan nilai-nilai agar tidak saling bertabrakan. 

Dan bersama beliaulah, saya ikut mengamini niatan iseng Faldo Maldini untuk ikut kontestasi pilwakot Kota Padang pada tahun 2018 nanti. Perkara jadi atau tidak, tentu urusan lain. Tapi kesamaan ide dan selera soal pilwakot Padang tersebut membuktikan bahwa saya dan Afdhal punya tendensi politik yang hampir mirip, yakni berekspektasi tinggi kepada tokoh-tokoh muda. Dan dalam hati sendiri, saya pun menyimpan banyak harapan Afdhal akan turun gelanggang suatu waktu, untuk posisi-posisi strategis semacam itu.

Caiyo Afdal!

236 Views
Write your answer View all answers to this question