selasar-loader

Bagaimana rencana preventif terbaik kesehatan masyarakat untuk Indonesia yang bebas rokok pada 20 tahun ke depan beserta tantangannya?

LINE it!
Answered Aug 03, 2017

[Sayembara Selasar]

Mayoritas penduduk indonesia pasti pernah mencicipi rokok, tak jarang kalangan muda yang seharusnya bisa lebih menjaga kesehatannya justru lebih banyak mengkonsumsi rokok setiap harinya. Jika didiamkan tentunya negara ini akan memprihatinkan kedepannya. Sebagai mahasiswa FKM, tentunya kalian akan menghadapi permasalahan ini disetiap tahunnya. Menurut kalian bagaimana rencana preventif terbaik kesmas untuk indonesia yang bebas rokok pada 20 tahun kedepan beserta tantangannya?

Ketentuan:

- Hanya untuk Anagata dari FKM

- Minimal 200 kata

- Diwajibkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa FKM UI 2017.


Deanie Afifah Utami
MAHASISWA FKM UI 2017

hoBngIAmjv2fDeurJOCutL4Mjpe9aorh.jpg

Cara preventif yang menurut saya paling mudah pendekatannya ke masyarakat adalah dengan mengadakan sosialisasi atau seminar gratis tentang bahaya merokok. Dalam sosialisasi ini, akan dijabarkan bahaya terburuk yang dapat ditimbulkan dari merokok, bahan pembuat rokok, dan yang menurut saya paling membuka pikiran masyarakat adalah dari segi ekonomi tentang pemanfaatan uang yang digunakan untuk membeli rokok. Akan dijabarkan barang apa saja yang bisa dibeli dengan pengeluaran untuk rokok dan disuguhkan semenarik mungkin. Hal ini saya lakukan agar seminar dapat diikuti oleh semua kalangan umur.

Yang kedua, tentunya, saya akan mengingatkan para orangtua yang merokok tentang bahaya yang ia timbulkan di keluarganya, termasuk hal-hal buruk apa yang akan terjadi apabila ia merokok dekat anggota keluarganya. Yang paling penting adalah melakukan pendekatan ke warung-warung agar berhenti menjual rokok dan menggantinya dengan hal lain lebih bermanfaat yang.

Usaha mencegah rokok ini tentu akan mendapat banyak tentangan dari masyarakat, apalagi pabrik rokok diketahui sebagai salah satu sumber penghasilan terbesar di Indonesia. Belum lagi para perokok yang sudah mengalami kecanduan pasti akan sulit menerima adanya usaha pencegahan rokok.  Cara saya untuk menghadapi tantangan ini adalah berbicara baik-baik dengan para perokok dan pedagang untuk perlahan meninggalkan rokok sebagai kebiasaan serta sumber mata pencaharian. Tidak lupa membantu para perokok dalam program berhenti merokok.

228 Views
Write your answer View all answers to this question