selasar-loader

Manfaat apa yang kamu dapatkan dari permainan Rembug MahamerUI?

LINE it!
Answered Aug 03, 2017

[Rembuk MahamerUI]

Bagaimana perasaanmu setelah bermain Rembug MahamerUI? Apakah kamu berhasil menebak tim mana yang merupakan koruptor? Atau justru kamu berhasil mengelabui kelompok lain sehingga kamu tidak tertuduh? Setelah keseruan yang sudah kamu lakukan bersama kelompok kamu, ini saatnya kamu memberikan refleksi dari permainan Rembug MahamerUI. Ceritakan bagaimana perasaanmu selama permainan, dan menurutmu manfaat apa yang kamu dapatkan dari permainan ini?

Ketentuan:

- Tuliskan Nama_Fakultas_Nama Kelompok pada awal jawaban. Misal: Wanda_FISIP_Sahasika 1.

- Jawaban ditulis dalam 300-350 Kata

- Setelah menjawab, kirimkan screenshot dari jawabanmu kepada Anantaramu masing-masing paling lambat 4 Agustus 2017 Pukul 23.59 WIB

- Dilarang melakukan segala macam plagiarisme. 

- Disarankan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan jawaban yang Anagata miliki. Lebar maximal image adalah 1000px dan gambar tidak pecah

- Jangan lupa, setelah Anagata men-submit jawaban, di bawah nama ada button "edit bio topic", klik! Isi dengan keterangan Fakultas, sama seperti di bio utama. Contoh: Mahasiswa Fakultas X UI 2017.


Muthia Mey Wulandari_Vokasi/Perumahsakitan_ 1706014651_JAGARAGA 8
Pada mentoring OKK kedua pada tanggal 2 Agustus 2017 di Masjid UI mengadakan permainan kelompokk Jagaraga 8 berkumpul dari berbagai macam jurusan dan memainkan permainan yang sangat menyenangkan yang disebut dengan Rembug Mahamer UI. 
Dalam permainan ini kita diberikan peran masing - masing mulai dari kesehatan, keamanan, keuangan internal, keuangan eksternal, pemasaran, operasional dan PSDM. Pertama - tama kita diberikan petunjuk oleh mentoring bagaimana cara permainan nya. Diceritakan tentang sebuah kerajaan yang terkena wabah penyakit dan sang raja memerintahkan untuk membangun sebuah Rumah Sakit, namun kegiatan pembangunan nya terhenti karena ada 2 tim yang korupsi. Dan permainan tersebut harus mencari siapa korupsinya. 
Dalam permainan tersebut, saya mendapatkan peran sebagai Tim Keuangan Internal. Saya beserta tim menjelaskan bagaimana kinerja kita sebagai Tim Keuangan Internal. Sesudah itu 7 tim tersebut menjelaskan kinerja masing - masing. 
Pada babak kedua, saya beserta tim memilih yang korupsi yaitu tim keuangan eksternal mengapa begitu karena tim keuangan eksternal yang turun langsung kelapangan dan merekalah yang memegang saham rumah sakit tersebut. Dan tim pemasaran mengapa begitu karena mereka yang bertemu langsung oleh vendor - vendor dari luar. Bisa jadi mereka yang korupsi. 
Dan setelah permainan selesai dan 7 tim yang lain sudah menduga siapa korupsinya. Dari 5 tim pilihan terbanyaknya yang korupsi adalah Tim keuangan eksternal. Ternyata diluar dugaan sebenernya tim yang terlibat korupsi ialah Tim Kesehatan dan Tim Keamanan. 
Saya dapat menyimpulkan yaitu kita dapat membedakan yang mana benar dan mana yang salah dengan membaca situasi dan kondisi. Dan kita dapat berlatih mengeluarkan pendapat dan melakukan membelaan diri tanpa memojokkan tim yang lain dengan penjelasan yang logis. Serta kami berlatih berargumen dengan masalah namun tetap bijak dalam mengeluarkan pendapat tentang masalah. 
Selain itu permainan ini kita dapat mengira kepribadian masing - masing tim. Namun permainan ini membutuhkan kerjasama tim yang bagus dan kompak karena harus menebak korupsi nya siapa dengan bersama - sama. 
 

274 Views
Write your answer View all answers to this question