selasar-loader

Apa analisis politik Gerindra masuk kabinet Jokowi?

LINE it!
Answered Jan 05, 2017

Arifki Chaniago
Pengamat Politik/Political Commentator

oxs2qoTqaWNuTYFn2WoJ0l9uQOHerPly.jpg

Analisisnya adalah lawan Jokowi itu secara nyata, SBY, bukan Prabowo. Pilihan Gerindra masuk ke kabinet kerja Jokowi bagian dari konsolidasi politik Jokowi, tak bisa dimungkiri selama ini Jokowi lemah dengan infrastruktur kekuasaannya. Ia tak bisa berharap banyak dengan PDI-P dan koalisi lainnya, tawar-menawar Jokowi untuk "posisinya" masih lemah. 

Bukti gerakan 411 dan 212 yang hampir mengguncang jabatan Jokowi menjadi salah satu alasan Jokowi ingin menggaet Gerindra ke kabinet kerja, meskipun gerakan itu tak ada hubungannya dengan Gerindra. Menarik partai besutan Prabowo Subianto ke kabinet, Jokowi ingin melibatkan semua pihak untuk melawan SBY, secara langsung atau pun tidak, PAN dan PKB masih setia dengan SBY, walaupun masuk kabinet Jokowi. 

Sampai sekarang, saya masih belum percaya Gerindra akan masuk kabinet Jokowi. Partai ini ciri khas oposisi, jika terlibat kabinet Jokowi sama saja Gerindra menodai sikap kritisnya selama ini. Pilihan Gerindra bergabung menjadi ke kabinet Jokowi, bisa saja menyebabkan suara Gerindra berkurang pada 2019. Sebab, oposisi cs akan berlari kepada Demokrat. 

 

Ilustrasi via blogspot.com

231 Views
Write your answer View all answers to this question