selasar-loader

Apa kriteria seorang Content Writer terbaik?

LINE it!
Answered Jan 04, 2017

Content Writer sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis untuk menyampaikan "pesan" perusahaan kepada audience. Kira-kira apa sih kriteria Content Writer terbaik?


Zulfian Prasetyo
Karier adalah perjalanan. Pekerjaan hanya kendaraan.

Hasil gambar untuk subtexto en el teatro

Sejujurnya, tidak ada kriteria pasti perihal content writer (atau copy writer, apa pun istilahnya) yang baik. Saya sendiri merasa belum pantas menuliskan jawaban atas pertanyaan ini, tapi mari kita lihat jawaban macam apa yang bisa saya berikan.

Saya memang menyukai dunia tulis-menulis, namun belum lama berkarier sebagai content writer. Sebagai seorang praktisi, yang saya yakini dimiliki oleh seorang content writer terbaik adalah mengenal dirinya sendiri. Siapa Anda? Sudah berapa lama Anda menulis (terutama menulis konten)? Seberapa luas wawasan Anda? Seberapa panjang stamina mental Anda dalam memroduksi konten kelas wahid? Apa "senjata" yang Anda gunakan untuk meproduksi sebuah konten? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan membuat seseorang memahami seberapa baik taraf kualitasnya.

Setelah mengenal diri sendiri, langkah selanjutnya adalah mengenal misi. Benarlah kata Kang Pepih Nugraha, konten-konten yang dihasilkan biasanya bersifat by demand, by design, atau by order. Karena itu, penting sekali untuk memahami misi yang orang berikan kepada Anda untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan memenuhi standar mutu tertentu. Pahami kemauan klien. Pahami tujuan akhirnya. Pahami syarat teknis untuk mencapai tujuan tersebut.

Bila ada perusahaan yang meminta Anda menulis konten perihal produk terbarunya, misalnya, sebisa mungkin Anda mencoba sendiri produk tersebut karena bagaimana pun, pemahaman atas suatu produk sejalan dengan kualitas yang dihasikan.

Bila Anda sudah memahami kemampuan diri sendiri serta misi yang diberikan, kenali sasaran atas konten yang hendak dibuat. Siapa targetnya? Berapa range usianya? Apa yang mereka sukai dan tidak sukai? Seperti apa dunia mereka? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harusnya akan membuat Anda memahami target market secara lebih akurat.

Pada akhirnya, memahami ketiganya akan membantu Anda untuk memproduksi konten yang informatif, edukatif, dan (ini yang paling penting) impactful!

Ilustrasi via premiereactors.com

470 Views
Write your answer View all answers to this question