selasar-loader

Apa yang terjadi jika Indonesia adalah negara Islam?

LINE it!
Answered Aug 03, 2017

2SraT5qqurYtDSem2BHHyzwK9StNKdTe.jpg

Pertama, kita harus mendefinisikan dahulu tentang apa itu "Negara Islam"?
Banyak debat akademik terkait hal ini, namun saya mencoba mendasarkan pendapat saya dari praktik Rasulullah di Madinah sebagai rujukan primer politik Islam yang mapan.

Jika kita melihat perjanjian yang disusun oleh Muslim-Yahudi pascahijrah ke Madinah atau yang kita kenal sebagai  "Piagam Madinah", ada hal unik yang bisa kita petik dalam hal pelajaran ketatanegaraan; Islam atau tidaknya suatu negara tidak didasarkan hanya pada pencantuman "Negara ini adalah Negara Islam" atau "Islam adalah agama resmi Negara" sebagaimana ada di konstitusi beberapa negara moderen hari ini, seperti Saudi atau Pakistan.

Piagam Madinah tidak mencantumkan "Islam adalah agama resmi" atau "Negara (pemerintahan) ini berdasarkan Islam" secara tekstual. Akan tetapi, ada klausul yang menyebutkan bahwa "Jika ada permasalahan, maka diserahkan kepada Allah dan rasul-Nya". Inilah yang menjadi dasar determinan "Islamnya" suatu wilayah. Hukum yang diterapkan didasarkan pada Allah dan rasul-Nya, baik secara teknis seperti hukum waris maupun prinsipil seperti hukum teknologi, atau yang dibahasakan oleh Prof. Mahfud MD sebagai hukum Islam substansial.

Maka, dari analisa ini yang juga saya ulas dalam buku berjudul "Konstitusionalisme Piagam Madinah", saya berpendapat bahwa negara Islam adalah negara yang menerapkan hukum Islam, baik secara prinsipil maupun teknis, dan semakin banyak penerapan hukum yang didasarkan pada Alquran-Sunnah, semakin kuat pula status Islam dalam negara tersebut.

Wallaahu a'lam.

 

Ilustrasi via santrigusdur.com

435 Views
Write your answer View all answers to this question