selasar-loader

Apa yang orang-orang tidak setuju dari hukum syariah?

LINE it!
Answered Aug 03, 2017

Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

a5hboL_g0jgMhBVymi9GVNUoNl9GF5T_.jpg

Hukum hudud.

Jika pertanyaannya, "Apa saja yang orang-orang tidak setuju dari hukum syariah?", saya akan menjawab sedikit melebar yaitu alasan orang tidak setuju dengan hukum syari'ah.

Jawaban utamanya adalah karena kesombongan, kebodohan, dan keangkuhan yang menutupi keimanan penolak hukum syariah.

Alasannya untuk mengungkapkan hal itu adalah sebagai berikut.

1. Kalau tidak karena kesombongan dan kebodohan yang menutupi keimanan, mereka tidak akan mengingkari ayat Al-Qur'an yang mengatakan, "Siapa yang tidak berhukum kepada hukum Allah, maka ia adalah orang zalim." Di ayat lain, ia disebut dengan orang kafir.

2. Khilafah islamiyah mampu bertahan hingga 14 abad lamanya (berakhir tahun 1924). Artinya, dengan berhukum dan mengamalkan syariat Islam itu, kekhalifahan Islam mampu mengayomi sistem kemanusiaan di belahan dunia manapun. 

3. Hukum syariat adalah modul bagi manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia. Ibarat mobil baru, perusahaan mobil mengeluarkan modul dan aturan dalam mengoperasikan mobil keluarannya. Jika menambah atau mengurangi, bahkan menggunakan sistem lain selain yang dikeluarkan dari perusahaan itu, mobil bisa jadi masih tetap jalan, tetapi berpotensi menghadapi masalah-masalah yang akan terjadi. Begitu juga manusia yang diciptakan Allah sembari diturunkan kepadanya "modul" untuk hidup di dunia. Jika tidak berlandaskan modul tersebut, manusia tetap akan hidup. Hanya saja, bakal banyak kerusakan akibatnya kelak.

 

Ilustrasi via tribune.co.pk

263 Views
Write your answer View all answers to this question