selasar-loader

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

LINE it!
Answered Aug 02, 2017

Ahmad Salim
Aktivis Anti Pornografi. Ketua BEM Psikologi UI 2017. Rumah Kepemimpinan R1 JKT.

KM4_LP0Z9JggfGGqmW66cE26-_T5U7bd.jpg

Saya akan menjawab ini dengan perspektif yang sesuai dengan latar belakang saya selama ini, yaitu dalam konteks berorganisasi. Seperti yang selalu digaung-gaungkan oleh mahasiswa jurusan Psikologi, "Di mana ada manusia, di sana psikologi akan selalu ada."

Hal ini terjadi pula dalam kehidupan berorganisasi di Psikologi. Berbicara tentang organisasi, tentunya berbicara mengenai sumber daya manusia yang menggerakkannya. Rekruitmen, upgrading kompetensi, komitmen, sampai kepuasan kerja semuanya dipelajari di Psikologi. Bahkan, ada mata kuliah tersendiri yang membahas ini, yang bernama PIO (Psikologi Industri dan Organisasi).

Seperti yang telah disebutkan pula oleh seorang teman dalam jawaban atas pertanyaan ini, ilmu Psikologi adalah ilmu yang applicable, dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks berorganisasi ini. Oleh karena itu, ilmu yang dipelajari di dalam kelas sering kali diaplikasikan langsung oleh mahasiswanya dalam mengelola organisasinya. Organisasi telah menjadi laboratorium para mahasiswa Psikologi untuk bereksperimen.

Tidak sampai di situ saja, kelebihan ini ternyata juga dilihat oleh teman-teman mahasiswa dari fakultas lain. Selama pengalaman saya beorganisasi di Psikologi, banyak organisasi lain yang akhirnya menjadikan organisasi di Psikologi sebagai benchmark. Mereka sering kali bertanya, meminta pendapat, dan saran kepada kami mengenai apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kualitas organisasi mereka. Bukan hanya tentang organisasi, bahkan sampai bagaimana cara merancang masa orientasi dan pembinaan mahasiswa baru sering kali mahasiswa psikologi yang dijadikan rujukan.

So, buat kamu yang ingin expert di bidang organisasi, Psikologi-lah jawabannya!

 

Ilustrasi via baptistnews.com

249 Views
Write your answer View all answers to this question