selasar-loader

Kenapa Setya Novanto bisa menjadi Ketua DPR kembali?

LINE it!
Answered Nov 23, 2016

Arifki Chaniago
Pengamat Politik/Political Commentator

Hasil gambar untuk setya novanto

Sumber gambar: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/f/f8/Foto_Resmi_Setya_Novanto.jpg/220px-Foto_Resmi_Setya_Novanto.jpg (SUM)

Menurut saya, Setya Novanto bisa menjadi Ketua DPR kembali karena Novanto secara hukum dianggap sudah selesai dengan kasus yang menyeret namanya sehingga ia dapat mengundurkan diri. Secara aturan, ketentuaan seseorang menjadi pimpinan DPR sudah diatur dalam UU MD3 tetapi yang lebih penting, partai menjadi pemegang wewenang pergantian itu.

Terkait Novanto berhubungan langsung dengan partai Golkar, sebagai Ketua Umum Golkar, hal tersebut mudah bagi Novanto. Wewenangnya yang besar mengendalikan partai serta kedekatannya dengar elite lintas partai. Ditambah lagi, saat ini Golkar masuk ke dalam barisan koalisi yang kuat. Jika ada pertanyaan, "Bisakah Novanto menjadi Ketua DPR?" Jawabannya adalah bisa dengan alasan-alasan tadi yang menurut saya cukup logis dalam mengembalikan Novanto sebagai pemimpin legislatif.

Jika logika yang digunakanan adalah logika politik internasional, jawaban dan analisis saya lebih mengarah kepada kedekatan Novanto dengan Trump. Bukan hanya soal kepentingan individual, kedekatan Novanto dengan Presiden Amerika terpilih menjadi modal besar hubungan Indonesia dan Amerika di masa depan. Saya yakin, PDIP, Jokowi pun akan berpikiran sama dengan saya jika pertimbangannya masa depan politik Indonesia dalam pandangan Trump.

Dengan menjabat sebagai Ketua DPR, kepentingan Indonesia bisa jadi memperkuat tesis agar Novanto dikembalikan menjadi Ketua DPR.

255 Views
Write your answer View all answers to this question