selasar-loader

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

LINE it!
Answered Dec 31, 2016

Hari Nugroho
Researcher at Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience

6OY1XC0VuvLYblKCIgFkKtRAUNAUPF2-.jpg

Rehabilitasi merupakan sarana agar orang yang mengalami kecanduan zat, dapat recover/pulih dari permasalahannya. Tujuan dari rehabilitasi seorang pecandu tak terbatas hanya pada soal abstinen (tidak memakai zat), tetapi lebih dari pada itu, tujuan rehabilitasi adalah agar para pecandu ini dapat berfungsi secara bio-psiko-sosial di tengah masyarakat.

Rehabilitasi yang sebenernya justru ketika mereka ini berada ditengah masyarakat, yang tantangannya begitu kompleks. Tak melulu soal bagaimana menghadapi trigger factors yang bisa mencetuskan relaps, namun juga bagaimana menghadapi social stigma.

Berat? Memang, karena sifat adiksi yang kronis dan kambuhan (sebagian sarjana yang tak sepakat dengan model penyakit, menyebutnya sebagai bad habit) maka diperlukan upaya bersama-sama antara recovering addict, keluarganya, dan lingkungan masyarakat pada umumnya.

Menjaga diri tetap clean dan sober, adalah tanggung jawab pribadi si pecandu, namun membantu mereka supaya beradaptasi dan berfungsi secara bio-psiko-sosial adalah tanggung jawab kolektif kita sebagai masyarakat, salah satunya adalah dengan tidak menstigma.

Yuk, kita bantu bersama-sama mereka yang mengalami kecanduan agar dapat pulih dan berfungsi dengan baik di tengah keluarga besar umat manusia.

409 Views
Write your answer View all answers to this question