selasar-loader

Apakah saya orangtua yang baik, saya membawa anak saya ke polisi karena mengkonsumsi narkoba?

LINE it!
Answered Dec 31, 2016

Hari Nugroho
Researcher at Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience

qoe0oKG_jaRBahWpPEI8RWmMZk-8WUpI.jpg

Membawa anak yang mengalami kecanduan narkoba kepada polisi dengan maksud untuk membantu si anak keluar dari permasalahan narkoba juga merupakan bentuk perhatian orangtua.

Tak perlu merasa bersalah, karena hal tersebut perwujudan cinta. Cinta yang oleh Bill Milliken diistilahkan dengan Tough Love. Tough Love merupakan ekspresi yang digunakan seseorang untuk memperlakukan orang lain dengan tegas atau kadang dikatakan kasar, yang bertujuan untuk membantu orang tersebut menyelesaikan masalahnya.

Begitu juga secara hukum, dalam UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dan PP No 25 tahun 2011, orangtua mempunyai kewajiban untuk melaporkan anaknya yang mengalami permasalahan penyalahgunaan atau kecanduan zat. Untuk apa? Untuk dilakukan penilaian tingkat ketergantungan terhadap zatnya dan kemudian mendapatkan treatment.

Dalam prinsip terapi yang efektif, yang dikeluarkan oleh National Institute on Drug Abuse (NIDA) Amerika Serikat, salah satu poin nya berbunyi, bahwa terapi yang efektif tidak harus dijalani secara sukarela. Ini berarti terkadang seseorang harus dipaksa masuk ke dalam suatu treatment, dengan tujuan untuk memperbaiki dirinya, dan membangkitkan kesadaran bahwa dirinya bermasalah dengan zat dan butuh pertolongan.

Itulah Tough Love

*Jika berminat membaca lebih dalam mengenai hal ini, silahkan merujuk pada Buku : Tough Love, tulisan Bill Milliken, Char Meredith, Bruce Larson.

353 Views
Write your answer View all answers to this question