selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

LINE it!
Answered Dec 31, 2016

Apa sajakah batasan-batasannya?


7dTX0sVMywIQa5q6oNf9kZAZGtAbYWEO.png

Barang siapa yang beramal suatu amalan yang tidak berasal dari kami maka akan tertolak, terjemahan hadis riwayat Muslim dalam arba'in nawawi. Hal tersebut semakin diperjelas dengan hadis muttafaqun'alaih perihal sholat yang kalau diterjemahkan artinya sholatlah kalian sebagaimana aku (rasulullaah) sholat.

Maka, bid'ah sebagai inovasi dalam amalan ibadah baik dari segi jumlah, konten, maupun bentuk merupakan hal yang bermasalah mengingat sifat keparipurnaan Islam. Bagaimana dengan muamalah? Sudah pernah dengar hadis perihal pembibitan kurma dan perkataan Rasulullah, "kalian lebih tahu tentang urusan dunia kalian?"

BTW, ini perspektif Islam, lho, ya. Saya ndak paham kalau agama lain. Selebihnya, baca kitab kuning al i'tishom karya Imam Asy Syathibi atau yang sejenis.

 

sumber gambar: blogspot.com

87 Views
Nauval El-Hessan

Masalahnya, versi shalat sahabat pun berbeda. Lantas apa dibenarkan perbedaan dalam shalat menjadi dasar dalam menuduh bid'ah?

Ingat, bung. Nabi pernah bersabda sahabatnya bagaikan bintang di malam hari, siapa yang mengikuti salah satu, maka akan selamat. Sunni menjadikan itu pegangan mereka dan menuduh Syiah yang mengikuti imam mereka. Padahal, imam mereka adalah Ahlul Bait Nabi.

Mereka lupa Nabi pernah bersabda, kutinggalkan kepada kalian dua pusaka, Qur'an dan itrahku (keturunanku). Barangsiapa mengikuti keduanya, maka akan selamat. Hadits itu diriwayatkan oleh para ahlul hadits dari Sunni.

Maka bid'ah itu apa? Apakah perbedaan dari satu mazhab dapat dinilai bid'ah? Bila iya, maka kita menuduh para sahabatnya dan Ahlul Baitnya sebagai pelaku bid'ah. Na'udzubillah.
  Jan 1, 2017

Write your answer View all answers to this question