selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan "seed funding" dalam startup?

LINE it!
Answered Jul 31, 2017

Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

A9S8G9ZcfvUMxR1_DctlGegAFzP4uisA.jpg

Berdasarkan info dari TechInAsia, di Indonesia sendiri rata-rata putaran pendanaan tahap awal berkisar antara Rp500 juta hingga Rp2,5 miliar. Besar kecilnya dana yang diperoleh tergantung dari biaya yang diperlukan oleh startup tersebut, seperti biaya pemasaran, gaji, kantor, dan lainnya.

Berdasarkan info yang saya dapatkan dari salah seorang CEO digital company ternama di Indonesia, pembagiannya kurang lebih seperti ini:

a. Angel - Great founders. Investor melihat dan merasakan pengorbanan dari para founders dan bisnis tersebut memiliki great idea.
b. Seed - Proven idea. Hal ini berarti traction terjadi dalam produknya. Hipotesis akan adanya demand atas solusi yang kita define, terbukti.
c. Serie A - Proven scalable idea. Hal ini berarti, ide/solusi kita ini diminati oleh banyak pihak sehingga rencana keuangan yang kita canangkan terbukti (proven revenue).
d. Serie B - Generating revenue berarti business ini jelas-jelas mendatangkan revenue dan target market kita will and able untuk membayar value yang kita tawarkan kepada mereka.
e. Pre IPO - Scalable revenue. Hal ini berarti pendapatan bisnis semakin besar karena produk diterima dengan baik oleh seluruh segmen yang menjadi target market kita.
f. IPO - Profitable, growing market, clear winners. Business ini sudah memenangkan persaingan bisnis atas kompetitornya yang ditandai dengan bisnis ini mendatangkan profit  yang nyata (berdampak pada dividend yang akan diterima oleh shareholders) atas market yang terus bertumbuh. 

gambar via deco.fr

298 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia