selasar-loader

Apa itu diabetes mellitus?

LINE it!
Answered Jul 31, 2017

Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

 YN1dBrQi4uYXoPgZquyG4hNF20s3qNbh.jpg

 

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Secara epidemiologi, Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan prevalensi diabetes terbanyak. Penyakit ini tidak bisa menular (non-communicable disease), namun bisa meningkatkan faktor risiko ke generasi selanjutnya. Sebagai contoh, orang dengan riwayat keluarga diabetes rentan juga menderita diabetes. Bicara tentang diabetes, kita tidak akan lepas dari yang namanya insulin. Apa itu insulin? Insulin adalah salah satu hormon dalam tubuh yang berperan dalam mengubah glukosa menjadi glikogen (glukosa yang tersimpan dalam hati dan otot sebagai cadangan makanan). Insulin berguna untuk mempertahankan sistem keseimbangan gula dalam darah, bersama dengan hormone glucagon yang kerjanya berkebalikan dengan insulin itu sendiri.

            Diabetes terbagi atas 2 jenis, yaitu:

1.      Diabetes tipe I
Diabetes tipe I terjadi karena ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin. Hal ini berkaitan dengan proses auto imun yang menyerang sel beta, di mana sel tersebut berperan dalam pembentukan insulin.

2.      Diabetes tipe II
Diabetes tipe II terjadi pada kondisi di mana tubuh bisa memproduksi insulin, namun tidak seimbang dengan banyaknya glukosa dalam tubuh. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena terlalu banyak mengonsumsi glukosa, jarang berolahraga sehingga insulin tidak bekerja dengan optimal pun karena jadwal makan yang tidak teratur sehingga kadar gula yang tidak terkontrol dalam suatu waktu.

Referensi :
1. http://emedicine.medscape.com/article/117739-overview#a1
2. http://emedicine.medscape.com/article/117853-overview
3. http://www.alodokter.com/diabetes

 

gambar via robertclaremd.com

275 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta