selasar-loader

Terkait adanya penampakan Unidentified Flying Object (UFO), apa yang Anda bisa jelaskan terkait hal ini?

LINE it!
Answered Dec 28, 2016

Naufan Nurrosyid P
Pernah menjadi tukang bebersih di Lab TheoComp ITB

s51DS89YZlx81UOWbXxGNMpuFsxgfLRz.jpeg

Penampakan UFO telah menjadi fenomena langka yang bertahan cukup lama dalam sejarah peradaban manusia. Karena UFO berarti benda asing yang melayang, diskusi kita kali ini hanya akan membahas pada berita penampakan UFO, sama sekali bukan tentang alien.

UFO secara teoritik bisa dijelaksan melalui Quantum Levitation. Quantum Levitation merupakan proses yang dilakukan untuk menolak gaya gravitasi suatu benda dengan menggunakan medan magnet. Proses ini sama sekali tidak menggunakan bahan bakar sehingga sangat berbeda dengan "terbang". Levitasi nampak seperti melayang!

Perlu diketahui, bahwa prinsip ini menggunakan magnet permanen sebagai landasan serta bahan lain yang lebih kecil sebagai objek yang ingin dibuat melayang. Menurut persamaan Earnshaw, secara matematis objek yang dilayangkan juga harus magnet permanen. Dengan demikian, UFO mungkin ada jika "pesawat'"asing tersebut sepenuhnya terbuat dari magnet permanen, dan teknologinya bisa membaca Bumi sebagai landasan magnetik.

Selain menggunakan medan magnet, Hukum Lenz juga menjelaskan bahwa kemungkinan efek levitasi mungkin dilakukan menggunakan sistem Elektrodinamika, yang mungkin terjadi pada benda-benda superkonduktor. Penyimpangan dari perhitungan Earnshaw menyatakan bahwa benda melayang harus berasal dari magnet permanen juga bisa diminimalisasikan dengan adanya faktor rotasi.

Dengan demikian, UFO mungkin saja ada pada sebuah "pesawat" asing yang dapat berputar secara simetrik dan mampu menganggap Bumi sebagai medan listrik. Sebagai tambahan, Efek Meissner juga secara teoretik dapat melayangkan benda tanpa menggunakan bahan bakar, walaupun kemungkinan ini cukup kecil dan sangat sulit dilakukan pada benda berukuran besar.

Jadi, bagaimana pandangan saya mengenai UFO dan penampakannya?

Sama seperti kebanyakan orang di sini, satu pun di antara kita pasti tidak ada yang pernah melihat secara langsung, meneliti secara detail, dan merasakan setiap lakukan dari benda yang disebut UFO tersebut. Berita yang kita terima pun kebanyakan beredar di internet. Sekalinya ada bukti juga tidak cukup jelas. Entahlah, mungkin sifat dari UFO ini memang tidak menyukai keramaian. Hehe

UFO masih belum bisa dijelaskan secara matematika dengan skala yang besar. Karena belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan keberadaannya, bagi saya UFO dan penampakannya adalah hiburan yang menarik dan sayang bila perkembangan beritanya tidak diikuti. Terkait propaganda-propaganda lain, seperti adanya blueprint Nikola Tesla tentang IFO, foto-foto circle crop, misteri Area 51, saya serahkan pada pembaca tentunya. Yang jelas, saya percaya bahwa kita harus hidup pada suatu sistem yang mengedepankan bukti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ilustrasi via gstatic.com

117 Views
Write your answer View all answers to this question