selasar-loader

Apakah sanksi hukum terbaik yang menimbulkan efek jera bagi seorang pemakai narkoba? Mengapa?

LINE it!
Answered Dec 27, 2016

Hari Nugroho
Researcher at Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience

eRhiqGm5u_bGEQMm-keB16DEscDguYGz.jpg

Jika hanya berbicara sanksi hukum terhadap para pengguna narkoba, itu berarti kita kembali pada paradigma lama terhadap adiksi, yang hanya melihat adiksi dari sudut pandang moral. Penyelesaian dengan paradigma ini ternyata mulai ditinggalkan oleh banyak negara, karena imbasnya rumah tahanan atau penjara menjadi penuh, dan para pecandu akhirnya justru berinteraksi dengan sindikat bahkan bergabung menjadi bagian dari sindikat. Ini juga membuktikan pendekatan war on drug saja ternyata tak menyurutkan jumlah pecandu narkoba.

Paradigma yang dianut oleh banyak negara saat ini adalah pendekatan kesehatan masyarakat di mana ada berbagai faktor penyebab seseorang menjadi pecandu. Tak hanya faktor individu namun juga faktor eksternal dan ketersediaan narkoba itu sendiri. Dan faktor-faktor ini tentu harus mendapat intervensi. Dari segi faktor individu, treatment atau rehabilitasi tentu menjadi keharusan, faktor eksternal seperti keluarga juga harus mendapat terapi, selain itu diperlukan edukasi kepada masyarakat secara luas agar tidak menstigma para pecandu dan merangkul mereka untuk dapat beradaptasi di tengah masyarakat.

Faktor ketersediaan narkoba diatasi dengan penegakan hukum yang tegas. Selama hukum tidak dijalankan dengan konsisten oleh aparatnya, maka memotong jalur supply narkoba ini hanya mimpi belaka.

Lebih dari itu pemahaman agar tidak menyalahgunakan narkoba adalah hal penting untuk disebarluaskan.

Ilustrasi via pbinstitute.com

399 Views
Write your answer View all answers to this question