selasar-loader

Darimana datangnya Amphetamine ke Indonesia?

LINE it!
Answered Dec 27, 2016

Indonesia darurat narkoba. Itu yang kita saksikan semakin hari di media masa. Dari mana sih datangnya Amphetamine alias sabu sabu ini? Bukannya bahan bahan kimia pembentuknya itu sangat susah dan ga bisa sembarangan. Kenapa terus terusan saja seperti tidak bisa dihentikan. swd25bFpqWOtlzmUtotGUuRhjKhjpwGg.jpg


Hari Nugroho
Suka single origin kopi Indonesia

c3nPEYi8amlYCzSg8692gP9EQxg5579H.jpg

Amphetamine adalah grup dari zat psikoaktif yang merupakan stimulant dari saraf pusat. Pertama kali disintesis pada tahun 1887 oleh ahli kimia Romania / Jerman, Lazar Edeleano, dari tanaman Ma Huang (Ephedra) yang berasal dari Cina dan mengandung ephedrine. Pada awalnya, efek stimulan dari amphetamine ini belum disadari hingga awal tahun 1930 efek stimulan dari zat ini ditemukan, dan digunakan sebagai nasal decongestan dalam bentuk inhaler. Pada masa ini, para tenaga medis merekomendasikan penggunaan amphetamine sebagai obat untuk mengatasi alcohol hangover, narcolepsy, depresi, kegemukan, hiperaktif, atau muntah-muntah karena kehamilan.

Di masa ini juga, penggunaan zat ini berkembang pesat karena harganya murah, selalu tersedia, efeknya lama, dan para profesional mengatakan tidak menyebabkan adiksi. Selama perang dunia 2, militer Amerika, Inggris, Jerman, dan Jepang menggunakan amphetamine untuk meningkatkan kewaspadaan, ketahanan fisik, dan mood. Kita bisa menyaksikan contohnya di film Allied, di mana pilot Inggris dibekali dengan amphetamine.

Kapan amphetamine mulai disalahgunakan? Penyalahgunaan amphetamine dimulai dari pertengahan 1930an oleh para remaja dan dewasa muda yang mencari cara yang murah untuk "get high". Mulai tahun 1960an penyalahgunaan amphetamine dilaporkan meningkat, apalagi ditahun 1970an mulai ditemukan amphetamine injeksi (sebenernya berisi turunannya yaitu methamphetamine) yang digunakan untuk meningkatkan rasa euforia dengan omset yang cepat dibandingkan dengan sediaan oral.

Methamphetamine ini punya efek stimulan yang lebih kuat, dan antara 1986 dan 1989 para penegak hukum dan staf rehabilitasi kecanduan zat melaporkan peningkatan penyalahgunaan bentuk konsentrat methamphetamine yang dikenal dengan istilah ice, atau glass atau crystal, atau di wilayah Asia Tenggara terkenal dengan nama Shabu.

Bahan utama untuk pembuatan sabu saat ini adalah ephedrine atau turunannya seperti pseudoefedrine yang mudah ditemukan dalam obat-obat flu. Dan banyak diproduksi oleh para penjahat narkoba dari lab-lab clandestine yang dikenal sebagai kitchen lab.

Ilustrasi via totalinspections.co.nz

320 Views
Kaito Kaito

kalau boleh tau lewat perantara siapa ya om ?


  Dec 27, 2016

Kaito Kaito

kalo boleh tau   Dec 27, 2016

Write your answer View all answers to this question