selasar-loader

Menurut Anda berpeluangkah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Presiden RI tahun 2019?

LINE it!
Answered Dec 27, 2016

Masyarakat Indonesia umumnya pembosoan dalam segala hal termasuk dengan pilihan politik. Terpilihnya Jokowi pada Pikada DKI Jakarta 2012 dan Pilpres 2014 soal selera politik masyarakat yang menginginkan sosok seperti Jokowi. Tapi 2019 bisa jadi sama atau berbeda?

Q4JkEYEDS_xfBeDCYqEa9pZh-a4t3ePy.jpg


Agus Setyono
Pencari Kebenaran.

Tidak.

Tahun 2019 adalah tempat bagi Jokowi. Jika suasana ekonomi dan politik tidak ada gonjang-ganjing berarti sampai 2019, bisa dipastikan presiden selanjutnya adalah Jokowi.

Ywz-Ve9BneCmKmPdxPs9i_4S340YXuEn.jpg

Ada beberapa hal, setidaknya, yang membuat Jokowi akan melanjutkan kepemimpinannya, dan Ahok tidak akan menjadi presiden.

Presiden = Jawa

Sudah menjadi mitos turun-temurun bahwa suku Jawa adalah pemilik sah negeri ini. Dengan populasi paling besar di negeri ini, faktor kesukuan sangatlah dominan di negeri ini. Apalagi Ahok dengan etnis Tionghoa, sangat jauh sekali dengan keinginan masyarakat.

Kepastian

Secara umum, masyarakat Indonesia tidak mau mengambil risiko. Mereka trauma dengan Krisis 98 yang telah memporak-porandakan ekonomi mereka. Keamanan dan kepastian menjadi faktor penentu politik yang sangat dominan. Asal aman memimpin selama 5 tahun, bisa dipastikan seorang presiden akan terpilih lagi pada pemilihan kedua. SBY pun terpilih kedua kalinya karena faktor keamanan dan ekonomi ini.

Saya kira Jokowi sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Tapi ya, apa pun bisa terjadi di dalam dunia politik. Kita lihat saja.

Ilustrasi via blogspot.com

226 Views
Write your answer View all answers to this question