selasar-loader

Siapa dalang favorit Anda?

LINE it!
Answered Jul 29, 2017

bilal radhitya
FIB Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa

SgzMEkGeCldbBTPAA74278fYAslB1IHi.jpg

Dunia pakeliran wayang kulit saat ini didominasi oleh dua gagrak atau jenis gaya, yaitu pakeliran Solo dan Jogja. Saya termasuk penggemar wayang kulit pakeliran gaya Jogja. Saya tertarik dengan gaya pakeliran wayang kulit bergaya Jogja karena pakeliran gaya Jogja masih tetap mempertahankan pakem dan tradisi, terutama dari segi cerita dan latar belakang lainnya.

Selain itu juga karena sejak kecil saya juga lebih terbiasa dan akrab dengan pertunjukan pakeliran wayang kulit gaya jogja ketimbang Solo. Dalang favorit saya adalah seorang dalang yang dapat dikatakan sebagai dalang kondangnya Jogja saat ini, putra daerah Kabupaten Bantul. yaitu Ki Seno Nugroho. Dengan bangga saya menjadi penggemar beliau sebagai PWKS, yaitu komunitas pecinta wayang kulit Ki Seno Nugroho.

Menurut saya, beliau dapat membuat susana pakeliran menjadi hidup yang juga banyak mendapat tempat di hati penggemarnya. Satu hal yang paling saya sukai adalah guyonan-guyonan yang khas dan dapat menghibur kami sehingga dapat lebih mencintai budaya Jawa yang adi luhung ini. Di mata saya, beliau merupakan sosok dalang muda yang mampu mengemas sebuah pertunjukan dengan sangat apik.

Wayang tidak hanya sekadar tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan dan tananan yang kaya nilai-nilai kehidupan di dalamnya. Oh iya, kalau mau tahu bagaimana beliau beraksi, jangan lupa ikutan subcribe channel PWKS live streaming di Youtube. Hampir setiap beliau tampil, pasti channel tersebut menyiarkan streaming-nya. Mungkin itu tadi penjelasan terhadap dalang favorit saya.

Kutemukan Indonesiaku lewat wayang kulit PWKS. Mana Indonesiamu?

ZQ8xGyXMt42YDSCcpweljojRfBkRu6qu.jpg

1FumUEPUVT7pZk7SVRkVHMbC76YcKwam.jpg

Ei_8J-azOsI5-mIDWlo9-WQtKGyNLz30.jpg

Gambar 1 via Brilio
Gambar lain: penulis

521 Views
alvira a

Sujiwo tejo  Jul 29, 2017

Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


bilal radhitya
FIB Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa

More Answers from bilal radhitya