selasar-loader

Apa yang istimewa dan membedakan dari strategi komunikasi bisnis yang dilakukan oleh Bukalapak dengan perusahaan teknologi lain?

LINE it!
Answered Dec 24, 2016

Arief Mizan
Pendiri dan membantu berdiri beberapa usaha rintisan

Mungkin padanan yang lebih familiarnya adalah Strategi Komunikasi Pemasaran. Tentu ini mengarah pada iklan-iklan Bukalapak yang malang melintang di media-media nasional setahun terakhir ini.

Satu kata: Nyeleneh!

Saat e-commerce lain memakai metode iklan yang high content, filososif lengkap dengan teknik pengambilan gambar yang "wah", CEO Bukalapak nongol di Iklan Harbolnas 2015 hanya mengenakan celana pendek dan ditemani Dian Katrok. Cukup dua minggu, viewer-nya di Youtube mencapai 2 juta penonton. Belum lagi jutaan penonton TV di rumah. 

ylHxgDA7xaGvqQgMUUlAYqcaQ2OzmEk7.jpg

Kita semua mafhum bahwa kunci sukses bisnis adalah inovasi. Namun, yang membedakan BL dengan yang lain adalah mereka menerapkan inovasi di seluruh organisasinya. Dari mulai IT, marketing, finance, internal communication, dll. Sementara, banyak bisnis lain yang fokus di pembenahan produk dan layanan. 

Gak heran, sih, sebenarnya, karena BL sendiri saat ini diisi oleh anak-anak muda yang kreatifnya gak ketulungan. Bosnya saja belum genap 30, hahaha. Ya, bukan berarti yang tua gak kreatif, ya (peace!) tapi anak-anak muda saat ini lebih responsif dengan perkembangan yang ada di sekelilingnya. Informasi aktual dari berbagai belahan dunia, berita-berita, trend terbaru semua bisa mereka dapatkan dari gadget yang ada di genggaman. Bekerja pun tidak lagi dibatasi dengan birokrasi yang ribet sehingga ide-ide dengan mudah berseliweran dan gak langsung di skak mat oleh bos. 

Dan tentunya, suntikan modal yang kuat dari investor membuat BL lebih leluasa bereksperimen dalam strategi komunikasi pemasarannya. Daripada siram banyak di TV nasional, tim marketing BL dengan sigap mengaplikasikan trend global di dunia marketing tahun 2015/2016, yaitu content marketing, lewat mini-series Pendekar Jari Sakti (Mas Medok). Dari yang saya dengar, kampanye di FB ini menjadi kontributor yang signifikan dalam penjualan di BL. 

Content marketing sendiri adalah strategi memilah pesan dan channel komunikasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh target market. Strategi ini paling tepat untuk memperluas customer based atau menambah jumlah user yang ada di BL. 

Jadi, selama BL tidak gampang puas dan tetap adaptif dengan perkembangan terbaru di dunia marketing, tentu akan sangat sulit menahan lajunya menjadi pemuncak e-commerce di Indonesia dan bukan tidak mungkin di regional. 

 

Ilustrasi via blog.bukalapak.com

276 Views
Write your answer View all answers to this question