selasar-loader

Apa yang membuat negara Belanda sangat istimewa di mata Anda? Bisa ceritakan alasannya?

LINE it!
Answered Jul 28, 2017

Bagus Anugerah Yoga Pratomo
Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Pecinta Buku

1. Belanda, Negeri di Bawah Air

Ketika Anda bepergian ke Belanda dan mendarat di Bandar Udara Schiphol di Amsterdam, maka Anda telah berada di sebuah tempat yang letaknya 3 meter di bawah permukaan laut. Sekitar 27 % dari wilayah Belanda sendiri berada di bawah permukaan laut. Hal ini juga yang menyebabkan nama Negeri Belanda disebut dengan Nederland dalam bahasa Belanda-nya, yang berasal dari dua kata neder (artinya 'rendah') dan land (artinya 'tanah'), sehingga dapat diartikan 'negeri tanah rendah'. Sejak dulu, bangsa Belanda telah terbiasa dengan perang melawan air (de watersoorloog) untuk menjaga negerinya dari cengkeraman Laut Utara Atlantik. Masyarakat Belanda zaman dulu membuat kincir angin untuk mengontrol area resapan air, serta membuat polder untuk menambah jumlah daratan yang bisa ditinggali.

2. Flevoland, Negeri di Atas Air

t2JRY6DT_d_yeaRe7iIw8C2X-KN6ipJL.jpg

Provinsi Flevoland adalah sebuah provinsi di Belanda yang diresmikan pada 1 Januari 1986. Hal yang unik dari provinsi ini adalah dulunya wilayah ini adalah lautan. Ibu kota dari Provinsi Flevoland adalah Lelystad, yang diambil dari nama Cornelius Lely, seorang insinyur yang merencanakan penutupan Laut Utara untuk menghindari bencana banjir. Pada Sabtu hingga Minggu tanggal 31 Januari hingga 1 Februari 1953 terjadi hujan panjang yang menyebabkan banjir besar (watersnoordramp). Banjir tersebut membasahi kota-kota di Provinsi Zeeland hingga Kota Rotterdam dan turut membawa serta ribuan korban dari Belanda, Belgia, dan Inggris.

Peristiwa ini yang kemudian mendasari program pemerintah Belanda untuk menutup Laut Utara yang disebut dengan Deltawerken. Beberapa hasil dari proyek ini masih dapat kita saksikan sekarang, seperti keberadaan jalan panjang yang disebut dengan Afsluitdijk yang menutup Laut Utara dan menyambungkan antara Provinsi Groningen dengan Provinsi Holland Utara serta keberadaan Provinsi Flevoland sendiri di atas tempat yang dulunya adalah lautan. 

3. Bike to Work!

Orang Belanda sangat suka bepergian dengan menggunakan sepeda. Bahkan, data statistik dari CBS (Centraal Bureau voor Statistiek - lembaga statistik Belanda) menunjukkan bahwa pada dekade terakhir, jumlah sepeda yang ada di Belanda melebihi jumlah populasi di sana. Populasi Belanda saat ini adalah sekitar 16 juta penduduk, dengan jumlah sepeda yang ada sekitar 22 juta. Sepeda mulai populer di Belanda pada akhir abad ke-19. Hal ini didukung juga oleh pembangunan infrastruktur yang mendukung para pengguna sepeda seperti jalur bersepeda dan adanya tempat parkir umum untuk sepeda.

 

Referensi:

Snoek, Kees. 1987. Nederland leren kennen: Mengenal Masyarakat Belanda. Jakarta: Penerbit Djambatan.

 

Sumber gambar 1via imagebank.valkenhorst.nl

Sumber gambar 2 via tourism-review.com

Sumber gambar 3 via telegraaf.nl

167 Views
Write your answer View all answers to this question