selasar-loader

Mengapa sepak bola menjadi olahraga terpopuler di dunia?

LINE it!
Answered Jul 27, 2017

Helman Taofani
Pendengar, pemirsa, dan mencoba menjadi yang digariskan Tuhan.

JfQ7M3X8BiUH3h6gWaA_CyqqmiIi65_q.jpg

Sepak bola itu sederhana. Dari sudut kampung di Papua Nugini hingga kemewahan lapangan di Skandinavia, sepak bola dengan standar rules of the game FIFA tetap bisa dimainkan. Anda butuh 2 tim, wasit, lapangan, gawang, dan priiit... Tak ada sekat antara Anda dan Cristiano Ronaldo. Anda adalah calciatori, jugador, dan player.

Sepak bola itu populer di negara maju dan berkembang. Sesaat dengan sepak bola kita melupakan derajat perbedaan income perkapita antara Gabon dan Belgia. Keduanya bisa membanggakan Pierre Aubameyang dan Eden Hazard secara bersama-sama, mana yang lebih hebat. Tidak ada monopoli di sepak bola.

Di sepak bola, negeri Paman Sam yang adidaya itu dipecundangi beberapa kali oleh Kosta Rika. Tak usahlah ia mengejar negara yang sering dicurangi dalam hal perdagangan global, Brasil. Amerika tidak ada apa-apanya dibanding Negara Samba. Sesaat di sepak bola, yang lemah bisa berkuasa, dan sebaliknya.

Di sepak bola, dongeng Cinderella terjadi nyata. Nasib satu individu yang berubah semalam karena talenta bermain bolanya. Ini membuat manusia kembali punya harapan untuk jalan pintas menuju surga dunia, meski kenyataannya banyak juga yang terjerumus ke lembah neraka.

Di sepak bola, orang biasa mendapatkan pahlawan yang membawa panji-panji daerahnya. Atau panji dari utopia yang ia perjuangkan. Atau panji ekspresi kekaguman atas anugerah Tuhan dalam bentuk fisik, entah itu lari yang tangkas atau wajah nan rupawan. Dan ini diimani milyaran orang. Bila ini difatwakan sebagai agama, kita mempunyai religi mayoritas baru di dunia.

Di sepak bola kita melihat persatuan. Kita melihat permusuhan. Kita melihat naik dan turun, hal-hal manusiawi yang mewarnai hidup sehari-hari.

Sekarang, katakan padaku kenapa sepak bola tidak bisa menjadi olahraga terpopuler di dunia?

gambar via liputan6.static6.com

265 Views
Write your answer View all answers to this question