selasar-loader

Bagaimana cara membuat pizza yang enak?

LINE it!
Answered Jul 27, 2017

Tentunya pizza yang sekiranya sesuai dengan lidah orang Indonesia.


Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

Hasil gambar untuk membuat pizza

Kunci dari membuat piza yang enak adalah sebagai berikut.

1. Dough

- Harus bisa membedakan antara dough untuk roti dan untuk piza.

- Dough piza yang enak didapat dari takaran, cara olah, cara panggang yang tepat, sehingga menghasilkan roti piza yang sempurna aroma, serat, rongga, kelembutan, dan kegaringannya.

2. Topping

- Jangan pakai bahan yang abal-abal.

- Piza yang enak adalah perpaduan roti piza sempurna dan topping yang kamu paling suka.

 

578 Views
Zulfian Prasetyo

Kalau pertanyaannya adalah cara membuat pizza yang enak dan deskripsi enaknya adalah yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, entah kenapa saya jadi kepikiran tentang pizza dengan kearifan lokal, huehehehe. Letak kearifan lokalnya di mana lagi kalau bukan di topping-nya.


Saya membayangkan ada pizza gulai. Jadi dough-nya seperti biasa, tetapi topping-nya itu ada suiran ayam yang disiram dengan saus gulai. Warna dominannya tentu saja kuning. 

Atau bisa juga pizza rendang sapi! Wuaaahh...ini pasti bakal keren banget. Siapa yang bisa menolak kelezatan daging sapi yang diolah dengan cara direndang? Ini bisa mengangkat pizza ke level selanjutnya sih.

Pizza nasi uduk? Waduh, carbo semua itu. Hehehe. Tapi bisa diakali dengan menipiskan dough-nya sih ya. Kapan lagi kuliner Betawi kedatangan "anak baru"?

Hmm pizza semur daging juga sepertinya menarik dicoba untuk memperkaya varian rasa dari seri "pizza dengan kearifan lokal". Irisan daging dengan rasa manis kayaknya not bad deh, apalagi bagi para penggemar manis.

Yang paling cocok adalah pizza sate sih. Potongan daging sate yang memang nature-nya dipanggang kini dijadikan sebagai topping. Lalu dilumuri kecap dan sambal kacang khas bumbu sate. Wah, cocok banget sih ini. Mungkin yang satu ini bisa jadi varian pizza dengan kearifan lokal yang paling laku di antara varian-varian lainnya.

Mau bikin pizza dengan kearifan lokal yang seasonal? Buat aja pizza dengan topping opor! Suiran daging ayam yang disiram kuah opor bisa jadi andalan kala Lebaran, tuh!

Pizza urap juga bisa kalau ada yang mau pizza bernuansa veggie. Pun demikian halnya dengan pizza gado-gado dan pizza karedok.

Kuliner kita punya kekayaan yang luar biasa. Asal mampu mengkondisikannya dengan proses pembuatan pizza, saya rasa bisa saja pizza-pizza dengan topping khas masakan Nusantara di atas dijadikan menu. 

Ro-cket Pizza mau mengusung ide ini, mungkin? Hehehe.
  Apr 18, 2018

Duljahari Wilakamar

Saya jadi ingat cucu saya pernah bikin pizza buah. Topping yang harusnya daging, bawang, dan jamur ini diganti jadi buah. Buah paling normal untuk dijadikan topping pizza ya sebenarnya kan buah tomat. Ada juga pizza yang pakai buah nanas buat topping-nya. Tapi tetap saja itu aneh buat saya. Wah, nggak terbayang Mas kalau ada pizza buah. Wong pizza yang rasanya seperti Mas sebutkan di atas saja buat saya sudah unik kok.  Apr 18, 2018

Duljahari Wilakamar

Kalau mau bikin pizza dengan topping tradisional yang bernuansa hijau begitu saya mau dong pizza bayam. Kayaknya kok segar begitu, ya. Atau pizza brokoli juga sepertinya segar sekali.  Apr 18, 2018

Fani Widianingsih

Sepakat dengan Chef Doddy. Kalau ada di antara teman-teman yang ingin membuat pizza tapi, yang pertama kali perlu diperhatikan untuk membuat pizza yang enak tentu saja adalah dough-nya. Saya ingin menambahkan dengan takaran yang saya pelajari dari akun Youtube “Hidupku Sebagai Debbie" tentang cara membuat dough untuk pizza. 


CARA MEMBUAT ADONAN / DOUGH PIZZA


Kita perlu bahan-bahan untuk membuat dough sebagaimana yang berikut ini:


150 gr air hangat

3 gr ragi instan

5 gr atau 1 sendok teh gula pasir

1 sendok makan minyak kelapa

240 gr tepung terigu protein sedang


Tuangkan 150 gram air hangat di dalam wadah, lalu masukkan 3 gram ragi instan dan 5 gram gula pasir yang sudah dicampur ke dalam wadah berisi air hangat tadi. Kita tunggu 3-5 menit. Kalau sudah berbuih, berarti ragi instannya sudah aktif.


Kalau sudah, kita tuangkan 1 sendok makan minyak ke dalam wadah yang yeast-nya sudah aktif tadi. Saya pakai minyak kelapa. Diaduk hingga cukup merata. Kemudian, masukkan tepung terigunya ke dalam wadah. Setelah itu, uleni pizza dough-nya dengan tangan. 


Sediakan tepung tambahan kalau adonan pizza masih lengket kala diuleni. Tapi jangan terlalu banyak. Fungsinya benar-benar hanya agar tidak lengket saja.


Uleni adonan tersebut selama kira-kira 5 menit. 


Setelah itu, wadah/mangkok besar yang tadi digunakan kita kasih minyak sedikit agar tidak terlalu lengket saat adonan kembali ditaruh di situ. Kita tunggu 45 menit - 1 jam, tergantung panasnya cuaca. Semakin panas, semakin cepat mengembang adonannya.


CARA MENYIAPKAN TOPPING PIZZA


Sambil menunggu adonan mengembang, kita bisa bikin topping-nya. Topping bisa dari bahan apapun sesuai selera sebagaimana yang dikatakan oleh Chef Doddy. Tapi kalau saya karena masih newbietopping-nya yang standar-standar saja sih.


sedikit minyak goreng untuk menumis

100 gr bawang bombay

100 gr daging sapi cincang

lada secukupnya

garam secukupnya


Panaskan wajan. Berikan sedikit minyak goreng. Setelah itu, masukkan bawang bombay, aduk hingga mendapatkan panas yang merata. Lalu, masukkan daging sapi cincang ke dalamnya. Aduk kembali hingga merata. Taburkan lada dan garam secukupnya.


***


Setelah itu, kita kembali ke adonan (dough) pizza. Kalau mau yang crispy bawahnya seperti pizza Italia, bisa beli loyang yang bolong-bolong di permukaannya, namanya kalau tidak salah pizza crisper pan. Harganya tidak sampai 100 ribu rupiah. 


Kalau punya teman atau kenalan yang bisa las, boleh juga sih minta tolong untuk membolongi loyangnya. Hahaha.


Kita pipihkan adonannya di permukaan meja. Yah, caranya mirip dengan tukang martabak telur itulah kira-kira. Tapi mungkin tidak setipis itu dasar adonannya. Oh ya, pinggirannya juga ditebalkan, tapi sedikit saja ya (ini kalau selera saya sih).


Setelah itu, letakkan adonan yang telah dipipihkan di loyang yang untuk pizza untuk dipanggang kemudian di oven. Setelah adonan diletakkan, olesi dengan saus pizza.


CARA MEMBUAT SAUS PIZZA


Bahan:


500 gr tomat organik

Minyak zaitun secukupnya

1/4 buah bawang Bombay

1 siung bawang putih

Daun kemangi secukupnya

Oregano kering sejumput

Garam secukupnya

Lada secukupnya


Rebus tomat untuk memudahkan kita dalam mengelupas kulitnya. Setelah itu, buang kulit dan biji tomatnya (karena bisa menghasilkan rasa pahit nanti) sehingga yang kita gunakan adalah daging buahnya. Setelah itu, tomat bisa diblender atau dihancurkan pakai garpu untuk membuat saus tomat.


Setelah itu, kita rajang bawang putih dan bawang bombay satu per satu. Rajangan bawang Bombay kemudian ditumis dengan menggunakan minyak zaitun. Lalu, masukkan rajangan bawang putih. Begitu aromanya sudah tercium wangi, masukkan saus tomatnya. Lalu masukkan oregano, tetapi sedikit-sedikit saja karena dry herbs rasanya cukup kuat dibanding yang herbs yang segar. Setelah itu masukkan lada dan garam secukupnya.


Iris daun kemangi, lalu masukkan ke dalam saus yang sedang ditumis. Ratakan. Selesai deh, saus pizza-nya.


***


Oleskan saus pizza ke dalam adonan pizza yang tadi. Setelah itu, taburkan keju sesuai selera.


Enaknya bikin pizza sendiri adalah topping-nya bisa disesuaikan dengan kemauan kita (customized). Yang penting ada dua, sesuai kata Chef Doddy:


  1. Jangan pakai bahan abal-abal
  2. Sesuai dengan yang kita suka


Saya sendiri suka pakai jamur, bawang bombay, dan daging untuk topping-nya. Jadi, taburkan topping yang tadi sudah dibuat ke atas adonan pizza yang sudah dipipihkan dan sudah dimasukkan ke dalam pan. Nah, pizza siap untuk dipanggang.


Panaskan oven pada suhu 230-250 derajat Celsius. Pizza kemudian dipanggang pada suhu tersebut selama 15-18 menit. Setelah itu, keluarkan pizza dari ovennya.


Voila! 

Jadi deh, pizza yang enak dan tentunya crunchy!


Selamat mencoba!

  Apr 18, 2018

Write your answer View all answers to this question