selasar-loader

Apa beda Mie Yamin dan Mie Ayam?

LINE it!
Answered Jul 27, 2017

Hari Nugroho
Bisa bahasa jawa ngapak

HeL2s4FilMwf7teW1WiKMVYx_pacpund.jpg

Salah satu makanan favorit saya adalah aneka jenis mie, apalagi jika yang disajikan adalah mie ayam dan teman-temannya. Jaman kuliah mie ayam belakang kampus dan dekat kost menjadi andalan terutama sarapan.

Menu yang paling sering dipesan adalah mie ayam dan mie yamin, keduanya sering saya kombinasikan dengan pangsit rebus. Namun demikian, mie yamin masih lebih sering saya pesan dibanding mie ayam biasa.

Apa yang bikin beda? Tentu saja seperti yang telah dijawab, bahwa kunci dari mie yamin adalah kecap dan tidak pake kuah. Jika pada mie ayam biasa, kita menambahkan kecap dan saus setelah mie disajikan, maka pada mie yakin, kecap merupakan bagian dari racikan bumbu yang dituang dalam mangkok lalu ditimpa mie yang telah direbus dan ditiriskan untuk kemudian diaduk rata. Kecap yang digunakan boleh kecap manis atau asin, saya sih lebih suka pake kecap asin, lebih oke rasanya.

Kok bisa diberi nama yamin? Apa karena yang menjual pertama bernama tersebut? Konon katanya yamin ini adalah nama seorang preman di daerah menteng, yang hobinya memalak pedagang mie ayam. Ada salah satu pedagang yang bertindak, namun alih-alih melakukan perlawanan, sang pedagang justru memberi makan si preman dengan mie ayam yang special, memakai kecap dan tanpa kuah. Hasil perbuatan sang pedagang nampaknya berbuah manis, kini si preman tak lagi meminta uang, namun meminta dibikinkan mie seperti sebelumnya. Oleh karena itu, mie tersebut diberi nama yamin, dan terkenal hingga sekarang

 

Ilustrasi via nibble.id

2718 Views
Write your answer View all answers to this question