selasar-loader

Apa pentingnya merek dagang?

LINE it!
Answered Jul 27, 2017

Siapa yang telah pernah punya pengalaman mendaftarkan merek dagang? Yap saya pernah, baru-baru ini merek dagang yang saya ajukan telah melalui tahap proses dan verifikasi data yang begitu ruwetnya kalau istilah kata slow but sure (pelan tapi pasti). Buat kamu yang belum mendaftarkan merek dagangmu, mari kita diskusikan mengapa merek dagang itu penting.

Merek dagang itu penting, ya penting. Penting tidak hanya untuk usaha skala besar namun juga skala kecil, karena tidak menutup kemungkinan usaha kecil jadi besar toh? Merek atau branding juga penting bagi personal untuk mempromosikan dirinya.

Mari kita pelajari kembali mengapa merek itu penting. Alasan pertama untuk sebuah bisnis adalah jumlah pesaing makin banyak, persaingan semakin terbuka, keragaman brand juga semakin merajalela yang membuat kita sebagai konsumen sulit menentukan pilihan.

Alasan kedua adalah pasar dan media semakin terbagi-bagi. Lingkungan bisnis saat ini mulai terbagi kedalam substansi-substansi mulai dari lingkungan yang cepat berubah, perubahan trend media sehingga menyulitkan koordinasi pesan untuk setiap media yang digunakan sehingga diperlukan media yang specialized.

Alasan ketiga adalah pelanggan semakin teredukasi. Pelanggan semakin cerdas dalam memilih, semakin kompleks dalam permintaan dan persepsi yang sangat mudah berubah karena internet. Pelanggan dengan sangat mudah mencari informasi atau review suatu produk untuk dapat dibandingkan satu sama lain. Contohnya seperti saat saya hendak memilih provider data internet, saya membandingkan kelebihan dan kekurangannya sehingga pilihan saya jatuh pada provider XL.

Kembali berbicara tentang merek. Ekuitas merek sangat menentukan penambahan atau pengurangan nilai tambah produk dinilai dari kemasan, merek, ataupun logonya. Dalam membuat merek hendaknya kita dapat membuat merek yang mudah diingat ataupun mudah dikenal. Yaa jika ingin membuat merek dengan singkatan suatu nama sebenarnya bukan masalah juga tapi lebih baik jika disesuaikan agar mudah diingat.

Hal terpenting sebelum membuat merek adalah memahami bisnis atau tujuan kamu. Menyusun strategi yang akan kamu lakukan dan mulai mendesain identitas brand dan kemudian mulai mengimplementasikan brand kamu pada produk maupun promosi.

Persepsi positif harus senantiasa ada pada merek yang kamu miliki lho, keunggulan, keunikan, originalitas hingga konsitensi berkelanjutannya. Intinya branding sangatlah baik untuk kita terapkan terutama bagi usaha kecil hingga menengah karena dapat membuat perusahaan kamu terlihat professional yang mana hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumenmu.


Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

Gambar terkait

Merek dagang sangat penting. Kepentingannya adalah sebuah merek dagang menjadi ikon dari produk atau usaha. Merek dagang adalah bagian dari personifikasi. Personifikasi adalah salah satu aspek yang harus diperjuangkan sebelum melempar produk atau jasa ke pasar. Tidak akan ada brand activities, katalog, profile, iklan, bahkan kartu nama tanpa merek dagang. 

Bikin produk atau jual jasa tujuannya supaya punya untung. Keuntungan terbesar jika usahawan mampu memberikan benefit terbesar yang dirasakan oleh target pasar. Bagaimana mungkin bicara benefit kalau sebuah produk tidak punya identitas?

 

Ilustrasi via business2community.com

191 Views
Write your answer View all answers to this question