selasar-loader

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

LINE it!
Answered Jul 27, 2017

Andri Nur Rochman
Kadept Syiar FUKI Fasilkom UI 2017 | I'm Generalist | Peserta Rumah Kepemimpinan

GC862Ve9iT469A0829x4xVqhQ5PPQq5G.jpg

Sebagaimana yang tertuang dalam kitab suci umat Islam yakni Alquran, sejatinya, tujuan hidup dari manusia di muka bumi ini adalah sebagai berikut.

1. Menjadi khalifah di muka bumi ini

Alquran surat Al-Baqarah ayat 30 telah menerangkan kepada kita bahwa sejatinya manusia diturunkan ke bumi sebagai seorang khalifah.

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata, "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman, "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (Q.S. Al Baqarah : 30)

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita memaknai hidup kita ini untuk senantiasa bermanfaat bagi banyak orang, karena seorang khalifah tentulah harus orang-orang yang memiliki impact bagi orang lain, karena leader is not about position, but it's about impact.

2. Beribadah kepada Allah

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (Q.S Adz Zariyat : 56)

Dari ayat tersebut, kita bisa mengambil makna bahwa segala makhluk yang diciptakan Allah di alam semesta ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, tidak sepantasnya kita sebagai manusia justru melakukan kezaliman atau bahkan membuat kerusakan di muka bumi ini, sebab kita diciptakan untuk tujuan yang mulia, yakni mengesakan Allah, hanya untuk beribadah kepadaNya, bukan yang lain.

Oleh sebab itulah, saya memaknai kehidupan ini adalah ruang refleksi kita untuk senantiasa berbuat baik dengan cara menjadi seorang khalifah yang baik, meskipun dalam lingkup kecil, yakni menjadi pemimpin yang baik bagi diri kita sendiri dan juga senantiasa beribadah kepadaNya.

 

Sumber gambar via carolinelifecoaching.files.wordpress.com

272 Views
Write your answer View all answers to this question