selasar-loader

Apakah pernyataan bahwa 'sejarah terulang kembali' itu benar? Mengapa?

LINE it!
Answered Jul 27, 2017

Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

TwOpv0WnauBGLWzM6q8niY-RIRjcFUzF.png

Salah.

Pada dasarnya, sejarah berkisah tentang peristiwa yang terjadi di masa lampau. Ketika suatu peristiwa yang baru terjadi saat ini memiliki kesamaan dengan apa yang telah terjadi di masa lampau. Hal ini tidak dapat dikatakan bahwa sejarah kembali terulang. 

Meskipun ada kesamaan dalam dua peristiwa tersebut (kini dan lampau), bukan peristiwanya yang kembali terulang, melainkan polanya yang mengalami kesamaan dan membuat adanya pengulangan. Artinya, suatu peristiwa memiliki pola bagaimana peristiwa itu terjadi. Pola di sini dapat dikatakan sebagai bentuk atau proses berjalannya suatu peristiwa.

Salah satu karakteristik yang dimiliki sejarah adalah bahwa sejarah bersifat unik. Unik dalam konteks ini memiliki artian bahwa peristiwa yang terjadi dalam sejarah hanya terjadi sekali saja dan tidak mengalami pengulangan. Inilah yang menjadi keunikan dari sejarah. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dari pola yang sama inilah agaknya kita dapat belajar bagaimana cara menyikapi suatu peristiwa yang terjadi saat ini, yang polanya mirip dengan apa yang telah terjadi sebelumnya.

Sehingga tidak bisa dimungkiri bahwa sejarah menjadi sebuah pembelajaran dan memiliki andil besar dalam menentukan suatu keputusan. Dengan kata lain, sejarah menjadi alat bagi kita dalam mengambil keputusan secara bijak.

 

Sumber gambar via quotemaster.org

1293 Views
Write your answer View all answers to this question