selasar-loader

Apa yang membuat kota Surabaya demikian memikat dan berkesan buat Anda?

LINE it!
Answered Jul 26, 2017

Ari Setiawan
Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UGM l Kepala Departemen Eksternal JMME FEB UGM

Hasil gambar untuk kota surabaya

Tinggal di daerah selatan Kabupaten Gresik yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya menjadikan Kota Surabaya cukup berkesan untuk saya. Sering kali dalam beberapa kesempatan saya memperkenalkan diri sebagai putra Surabaya. Tidak dapat dimungkiri, dalam perkembangan saya, kota ini cukup memiliki andil besar. Mengenyam pendidikan Madrasah Tsanawiyah di kota ini memberikan atmosfer baru pada diri saya tentang khazanah keilmuan yang luas.

Selain itu, kota ini menyimpan banyak destinasi wisata, baik wisata modern atau ada juga wisata sejarah. Sebut saja daerah Tunjungan, yang mana di daerah itu ada hotel Orange (dahulu hotel Yamato), tempat dikibarkannya bendera Belanda yang memicu pergolakan mempertahankan kemerdekaan oleh arek-arek Surabaya pada saat itu. Hal menarik lainnya, yang membuat kota ini berkesan untuk saya yaitu taman-taman kota yang terawat dan dimanfaatkan secara maksimal untuk berbagai kegiatan masyarakat. Contohnya yaitu Taman Bungkul, taman ini sudah beberapa kali memperoleh penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Ibarat gula dan semut, taman ini adalah gula yang menjadi sentral bagi masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan, mulai dari penggalangan dana, kumpul komunitas, sekadar rekreasi, atau kegiatan lainnya.

Pesona kota terbesar kedua di Indonesia ini tidak hanya sampai pada hal tersebut. Kota ini juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengaku sebagai kota pendidikan, sehingga tidak heran untuk menemukan pendidikan berkualitas, baik sekolah maupun universitas di kota ini tidak susah. Masih dalam koridor sebagai kota pendidikan, Surabaya memiliki budaya sebagai kota literasi. Selain itu, kota yang juga merupaka ibu kota Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki ikon "Gang Dolly". Gang Dolly yang dulunya merupakan prostitusi terbesar di Asia, kini diubah menjadi sentra UMKM yang cukup maju. Hal ini sebagai salah satu bukti berhasilnya penanganan masalah oleh pemerintah bersama semua elemen masyarakat Kota Surabaya.

Terakhir, yang memikat dan berkesan untuk saya tentang Kota Surabaya adalah sang wali kota yang begitu tegas dan mengayomi masyarakat. Beliau adalah Ibu Tri Rismaharini alias Bu Risma. Perempuan dengan banyak prestasi selama memimpin Kota Surabaya. Salah satu yang terbesar adalah penutupan Gang Dolly. Selain itu, ibu wali kota ini juga sering turun ke jalanan guna membantu "pasukan kuning" membersihkan kota dari sampah yang berserakan. Beliau adalah salah satu tokoh yang cukup menginspirasi dan memberikan kesan tersendiri bagi saya mengenai Surabaya.

 

Ilustrasi via liputan6.static6.com

718 Views
Write your answer View all answers to this question