selasar-loader

Apakah Baitul Maqdis dan Masjid Al Aqsa adalah bangunan yang sama?

LINE it!
Answered Jul 26, 2017

Ma Isa Lombu
Kadang Skeptis, Seringnya Rasional

FNUVvsezIGN5IsR_o0ITHj6XJ7vGhXr1.jpg

foto via tapchidulich.com.vn

Beda!

Mengapa?

Saya ingin mengawalinya dengan hadis berikut:

“Aku bertanya, “Wahai, Rasulullah. Masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab, ‘Masjidil Haram”. Aku bertanya lagi : Kemudian (masjid) mana?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjidil Aqsha”. Aku bertanya lagi : “Berapa jarak antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun. Kemudian di manapun shalat menjumpaimu setelah itu, maka shalatlah, karena keutamaan ada padanya”. Dan dalam riwayat lainnya : “Di manapun shalat menjumpaimu, maka shalatlah, karena ia adalah masjid” (HR Al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Dzar).

Dalam hadis ini dibilang bahwa masjid yang pertama kali dibangun adalah Masjidil Haram dan yang kedua adalah Masjidil Aqsha. 

Note: Buat yang belum tau, perlu kita ketahui bahwa Masjidil haram adalah sebuah masjid besar yang ada di Mekkah dan di dalamnya terdapat Kabah. Sedangkan Masjid Al Aqsa adalah sebuah masjid tua yang terletak di kota tua Jerusalem.

Kembali, mari fokus ke Masjidil Aqsa (Masjid Al Aqsa). 

Sebagai tempat suci umat Islam, dikenal juga hadis nabi yang menjelaskan tentang keutamaan Masjidil Aqsa ini.

Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata.

تَذَاكَرْنَا وَ نَحْنُ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهُمَا أَفْضَلُ أَمَسْجِدُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ بَيْتِ الْمَقْدِسِ ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صلاَةٌ فِيْ مَسْجِدِيْ أَفْضَلُ أَرْبَعِ صَلَوَاتٍ فِيْهِ وَلَنِعْمَ الْمُصَلَّى هُوَ وَلَيُوْشَكَنَّ لأَنْ يَكُوْنَ لِلرَجُلِ مِثْلُ شَطْنِ فَرَسِهِ (وَفِيْ رِوَايَةٍ “مِثْلُ قَوْسِهِ”) مِنَ الأَرْضِ حَيْثُ يُرَى مِنْهُ بَيْتُ الْمَقْدِسِ خَيْرٌ لَهُ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Kami saling bertukar pikiran tentang, mana yang lebih utama, masjid Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam atau Baitul Maqdis, sedangkan di sisi kami ada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Satu shalat di masjidku lebih utama dari empat shalat padanya, dan ia adalah tempat shalat yang baik. Dan hampir-hampir tiba masanya, seseorang memiliki tanah seukuran kekang kudanya (dalam riwayat lain : seperti busurnya) dari tempat itu terlihat Baitul Maqdis lebih baik baginya dari dunia seisinya” 

(HR Ibrahim bin Thahman dalam kitab Masyikhah Ibnu Thahman, Ath-Thabrani dalam kitab Mu’jamul Ausath, dan Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak, Al-Hakim berkata, “Ini adalah hadis yang shahih sanadnya, dan Al-Bukhari dan Muslim tidak mengeluarkannya. Adz-Dzahabi dan Al-Albani sepakat dengan beliau).

Tapi tunggu dulu, ternyata dalam hadis yang kedua ini tidak disebut sebagai masjid Al Aqsa, tetapi disebutkan sebagai Baitul Maqdis. 

Kembali ke pertanyaan yang akan saya jawab, apakah sama antara masjid Al Aqsa dengan baitul Maqdis?

Saya akan jawab dengan menanggapi hadis tentang masjid yang pertama kali dibangun, terlebih dahulu. Apakah benar masjid yang pertama kali dibangun adalah Masjidil Haram dan yang kedua adalah Masjidil Aqsha?

Jika hadist ini di terjemahkan secara Letterlijk, jelas hadist ini telah menyalahi fakta sejarah

Kenapa? 

Karena bagunan Masjid sebagai tempat ibadahnya masyarakat Islam yang pertama kali dibangun adalah masjid Quba. Masjid ini dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah.

Nah, perlu diingat bahwa peristiwa Isra Miraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. 

Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mi'raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mi'raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.

Saat isra miraj dilakukan Muhammad SAW, Mekkah waktu itu masih dikuasai kafir Quraish. Makanya umat Islam Hijrah ke Madinah untuk cari tempat yang kondisif utk dakwah dan growth

Jadi, mana mungkin ada masjid di Mekkah kala itu..

Begitu juga di Jerusalem. Umat Islam (non-nabi Muhammad SAW) yang pertama kali masuk ke Jerusalem itu adalah Umar. Umar jadi orang Muslim pertama yang masuk ke Jerusalem waktu Palestine ditaklukan pertama kali di bawah kepemimpinan Abu Ubaidah ibn Jarrah. 

Jadi (kembali), mana mungkin ada masjid di Jerusalem kala itu...

Jadi menurut saya, dari data tersebut, yang dimaksud "masjidil Haram dan Masjidil Aqsa" dalam "hadis masjid yang pertama kali dibangun" adalah wilayah, bukan masjid (sebagai bangunan).

Intinya: Salah menyimpulkan bahwa masjid (sebagai tempat salat orang muslim) yang pertama kali dibangun adalah Masjidil Haram dan selanjutnya masjidil Aqsa karena baik di Mekkah dan Jerusalem kala itu tidak mungkin ada (bangunan) masjid.

Mempertajam argumen tersebut, menurut saya yang dimaksud sebagai "masjidil haram" yang dimaksud dalam riwayat isra miraj adalah wilayah yang kini dibangun masjidil Haram yang mana ada bangunan Kabah di dalamnya, bukan masjid.

Sedangkan, "masjid Al Aqsa" dalam semua hadis (termasuk hadist tentang masjid tadi) adalah wilayah Baitul Maqdis/Haram As Syarif/Temple Mount, bukan masjid.

 Lalu, apa itu Baitul Maqdis dan dimana letak Masjidil Aqsa?

Baitul Maqdis adalah wilayah komplek bangunan suci umat Islam yang dikelilingi tembok berbentuk persegi panjang di bagian timur dalam wilayah kota lama Jerusalem.

Baitul Maqdis juga kita kenal dengan Al-Haram asy-Syarif atau Temple Mount atau al-Haram ash-Sharīf atau "tanah suci yang mulia". 

FjAiKwuaSHRBYc_mnTQhgQkzr7S3SIKT.jpg

Note: Foto di atas adalah gambaran kota lama Jerusalem. Di sana terdapat beberapa wilayah, di antaranya adalah: wilayah Muslim, Yahudi, Kristen, Armenia, dan kompleks Baitul Maqdis. Kompleks Baitul Maqdis merupakan wilayah yang saya lingkari dengan warna merah. No 4 adalah tembok ratapan.

Terdapat 2 bangunan yang dibangun di komplek Haram asy-Syarif. Kedua bangunan tersebut adalah:

1. Dome of rock/Kubah Shakhrah (bangunan dengan kubah emas) merupakan sebuah kompleks yang terdapatnya sebuah batu besar yang dikatakan tempat Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi'raj. Kesalahkaprahan yang terjadi adalah, banyak orang yang mengira Dome of rock/Kubah Shakhrah adalah sebuah masjid, ternyata bukan. 

Sekali lagi, Qubbat As-Sakhrah juga bukanlah Masjid Al-Aqsa (ini kesalahkaprahan yang lain) karena Masjid Al-Aqsa terletak tidak jauh daripada bangunan ini. Qubbat Al-Sakhrah juga seringkali disalahartikan sebagai Masjid Omar yang merupakan tempat Umar bin Khattab salat ketika tiba di Baitulmuqaddis.

Perlu diketahui bahwa kubah Shakhrah dibangun antara tahun 687 hingga tahun 691 oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan, khalifah Ummaiyyah. 

2. Masjid Al-Aqsa pada awalnya tugu batu yang didirikan oleh nabi Yakub, kemudian diteruskan pembangunan oleh Nabi Sulaiman (Solomon Tample). Setelah gempa bumi tahun 746, masjid ini hancur seluruhnya dan dibangun kembali oleh khalifah Abbasiyah Al-Mansur pada tahun 754, dan dikembangkan lagi oleh penggantinya Al-Mahdi pada tahun 780. 

Bangunan yang berbentuk masjid justru baru dibangun pada khalifah Abbasiyah Al Mansur.

Jadi kesimpulannya adalah:

Berbeda antara Masjidil Aqsa (Masjid Al Aqsa) dan Baitul Maqdis. Yang benar adalah Masjidil Aqsa terdapat dalam kompleks Baitul Maqdis.

Tambahan:

Berdasarkan berbagai macam literatur yang saya baca, titik di mana nabi Sulaiman pertama kali membangun rumah ibadah (Solomon Tample/Beit HaMikdash) itulah yang kini dibangun masjid Al Aqsa.

Bayangkan, di titik yang sama!

Perlu diketahui bahwa Solomon Tample/Beit HaMikdash itu diperluas beberapa kali hingga sampai pada konstruksi terakhirnya Zaman Raja Herodes Antipas. Wilayah konstruksi terakhir inilah yang kini disebut Baitul Maqdis/ Al-Haram Asy Syarif/Tample Mount (wilayah dalam lingkaran Merah).

Karena titik bangunan masjid Al Aqsa dan bangunan awal Solomon Tample ini berada di titik yang sama, maka tidak heran sebagian masyarakat Yahudi ingin sekali menghancurkan Masjid Al Aqsa untuk membangun kembali (replika) Solomon Tample versi original.

Di titik inilah (masjid Al Aqsa/Solomon Tample versi original) juga dicari "harta karun paling dicari" sepanjang sejarah umat manusia. Tempat peyimpanan asli batu wahyu Musa..

The Ark Of Covenant!

MUEX1JEhRWNuw6GNFKy7BJFh_MiE8ecV.png

foto via skepton.ru

855 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia