selasar-loader

Apa saja kesulitan-kesulitan dalam mengajar Matematika?

LINE it!
Answered Jul 25, 2017

Bagaimana cara menghadapinya?


Widi Widakdo
Yakusa! Awardee LPDP PK-75 | Magister Pendidikan Matematika UPI | Unimed

kbWfafetJOd4Sx9y1GSSGtyUceL8BQIc.jpg

Kesulitan mendasar dalam mengajar matematika menurut saya adalah sudah adanya persepsi bahwa matematika itu sulit. Tentu ini bukan sebuah kesalahan yang terjadi dalam kurun waktu seminggu, melainkan terjadi melalui proses panjang sejak anak-anak mengenal matematika. Awal mengenal matematika, dari beberapa anak yang saya amati, mereka sangat antusias. Saya misalkan saat mereka pulang dari TK; beberapa anak akan sangat bahagia dengan berkata, "Ibu, tadi saya bisa mengerjakan matematika" atau "Ibu, tadi saya bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan."

Hal ini berubah saat anak mulai memasuki masa-masa pendidikan yang mulai serius. Serentetan munculnya persepsi matematika itu sulit adalah anak-anak dibiarkan tidak memahami materi pokok yang dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah prior knowledge, sehingga sulit bagi anak untuk mengaitkan materi yang baru dengan prior knowledge yang mereka miliki. Alhasil, anak akan sulit paham terhadap apa yang mereka pelajari. 

Menjelaskan matematika tanpa memberikan contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari juga bisa memberikan kesulitan tersendiri bagi anak karena akan memunculkan persepsi bahwa selain sulit, matematika itu tidak ada gunanya. Jadi, untuk apa dipelajari? Kalau persepsi ini sudah muncul dan membenak di pikiran peserta didik, itu akan menjadi kesulitan utama dalam mengajar matematika.

gambar via radarlampung.co.id

201 Views
Zulfian Prasetyo

Terima kasih atas jawaban ini, Mbak Widi. :)  Jul 25, 2017

Widi Widakdo

Apa kesulitanmu saat belajar matematika? :)  Jul 27, 2017

Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Widi Widakdo
Yakusa! Awardee LPDP PK-75 | Magister Pendidikan Matematika UPI | Unimed