selasar-loader

Dari mana asal mula lahirnya Bangsa Viking dan apa yang menjadi keunggulan mereka?

LINE it!
Answered Jul 25, 2017

Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

loa1QWxJc7wLWE-N_FrUAVRaBARNC_WN.jpg

Ilustrasi via nationalgeographic.co.id

Bangsa Viking lahir dari wilayah yang saat ini dikenal dengan Denmark dan Norwegia. Bangsa ini memiliki keunggulan di bidang pelayaran dan terkenal dengan kemampuannya dalam berlayar. Kapal-kapal yang dinaiki Bangsa Viking dapat dikatakan canggih (di zamannya) dengan dilengkapi navigasi laut. 

Ketika mereka mendapat ancaman dan serangan dari selatan yang dilakukan oleh Suku Frank, mereka membalasnya dengan menjajah dan merampas. Perampasan yang dilakukan Bangsa Viking berupa tanah dan kota-kota yang menjadi musuh mereka, yaitu kota yang berada di wilayah Normandia (Perancis). 

Memiliki keunggulan dalam mengarungi lautan, Bangsa Viking sempat berhasil menguasai Pulau Brittania Utara, Irlandia, Normandia, wilayah Eropa Timur Laut, serta wilayah yang kini dikenal sebagai Rusia. Di Rusia, Bangsa Viking dikenal dengan sebutan "Rus". 

Dalam melakukan penjajahan, Bangsa Viking dikenal pintar menyesuaikan diri dengan wilayah dan penduduk yang menjadi target jajahannya. Selama melakukan penjajahan, Bangsa Viking tinggal di wilayah tersebut dan menjadi bagian dari mereka (penduduk di wilayah yang dijajah). 

Selain itu, keberhasilan lainnya dalam mengarungi lautan adalah bahwa Bangsa Viking mampu menyeberangi Samudra Atlantik dan menjajah New Foundland dan Greenland. Menariknya lagi, bangsa ini juga berhasil membangun tiga kerajaan di wilayah Denmark, Norwegia, dan Swedia.

Sumber:

Astawa, Pande Nyoman, dan Nyoman Keren. 2011. Sekilas Sejarah Dunia. Buleleng: Yayasan Gemah Ripah.

501 Views
Write your answer View all answers to this question