selasar-loader

Bagaimana posisi tidur yang baik?

LINE it!
Answered Jul 24, 2017

Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

3kakNRMsIO6QlAKuVRw3Sn6ILwxLdLRt.jpg

Tidur merupakan proses inhibisi aktif pada otak yang mengarahkan penurunan respon terhadap lingkungan dan bersifat reversibel. 
Posisi tidur setiap orang bermacam-macam, tergantung dari kebiasaan masing-masing individu. Seorang pakar ilmu tidur, Chris Idzikowski, menjelaskan posisi tidur manusia umumnya sebagai berikut:

shSF6qsAu8OFlDvq_VG3dDIyJdAbd5Te.png

Kembali ke pertanyaan utama, bagaimana posisi tidur yang baik ?
Mayoritas ahli merekomendasikan tidur dengan posisi menyamping kanan. Menyamping, hal ini karena tidur dalam posisi tersebut dapat menghindari sakit tulang belakang maupun mendengkur. Kaki ditekuk bertujuan untuk merilekskan perut. Apabila dikeluhkan kurang nyaman pada lutut, solusi yang tepat adalah meletakkan bantal di antara kedua kaki. Miring ke kanan karena mempertimbangkan letak dan posisi anatomis lambung. Posisi miring ke kanan akan cenderung mengurangi risiko mengalirnya cairan lambung ke esofagus dan tenggorokan.

Posisi tidur sangat memengaruhi kualitas tidur dan beberapa gangguan lain seperti mendengkur, refluks gastroesofagus, dan apnea (gangguan napas) pada orang yang tidur tengkurap. Maka, mari mulai kita perbaiki posisi tidur kita agar bisa beraktivitas semakin baik.

 

Referensi:
http://bettersleep.org/better-sleep/sleep-positions/

gambar via bersamadakwah.net

462 Views
Zulfian Prasetyo

Baru tahu saya. Terima kasih atas penjelasannya, Mas.  Jul 24, 2017

Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta