selasar-loader

Makanan apa yang bisa menaikkan berat badan?

LINE it!
Answered Dec 22, 2016

Badan saya sangat kurus (ektomorf) sehingga saya kesulitan untuk menambah berat badan. Makanan apa yang sebaiknya saya konsumsi demi mendapatkan berat badan ideal?


Ahmad Fikri Arief Rasyid
Mahasiswa Fakultas Hukum UGM | Bukan Peserta Rumah Kepemimpinan

rn7cnekIjF7TFDQ7bdIu81ezwdQVOBxP.jpg

Untuk menaikkan berat badan, Anda perlu tahu dulu berapa TDEE Anda (Total Daily Energy Expenditure) atau berapa energi yang Anda butuh tiap hari. Misalnya, setelah dikalkulasikan, TDEE Anda ternyata adalah 2000 Kalori. Maka dari kebutuhan energi Anda sehari-hari untuk beraktivitas adalah 2000 kalori. 

Jika ingin menaikkan berat badan (istilah trend-nya adalah bulking), kebanyakan para ahli menyarankan untuk menambah TDEE Anda sebanyak 500 kalori. Maksudnya adalah jika TDEE Anda ternyata 2000 kalori, maka jika ingin menaikkan berat badan, tambah TDEE Anda dengan 500 kalori lagi sehingga menjadi 2500 kalori.

Dengan kalori yang surplus seperti itu, tak lupa dengan kesabaran dan konsistensi, Anda akan melihat hasil yang signifikan dalam waktu 3 bulan. Memang agak lama, karena hasil yang bagus itu memang memerlukan waktu untuk mewujudkannya.


*Untuk mengetahui TDEE Anda bisa dicek melalui www.tdeecalculator.net

Ilustrasi via f3gym.com

271 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored