selasar-loader

Bagaimana cara membuat suatu konten menjadi viral? Apa ada tips khusus?

LINE it!
Answered Jul 21, 2017

Ray Rahendra
digital strategist, writer, Juventus, marketeer

Hasil gambar untuk konten viral

Saya sendiri adalah orang yang tidak percaya akan ramuan viral, karena sampai saat ini, meskipun sudah banyak survei, ngobrol dengan audience dan baca-baca data yang saya lakukan, saya masih belum mampu menebak ramuan keren untuk membuat content viral.

Karena, viral itu terjadi ketika audience benar-benar suka dan relate dengan sebuah content. Bukan dengan ratusan juta budget ads atau miliaran budget untuk hire influencer. Itu mah bikin aja content jelek, lalu disebarin oleh media-media besar. Jadi viral.

Jika itu viral menurut Anda, berhenti membaca sampai sini ya. 

Viral yang saya maksud adalah viral secara organic. Tanpa Kamu kasih budget media, tanpa Kamu kasih budget ads gede, itu konten menyebar. Atau niatnya cuma bikin TVC for the sake of  "Eh, bikin apa nih? Ada sisa budget promosi" eh tau-tau content-nya masuk 9gag. Yes, you know what brand i am talking about. :p

Banyak orang bilang viral itu membuat meme. Iya, jika bicaranya di Eropa atau US, meme adalah senjata utama untuk membuat content viral. Tapi, coba cek audience di Indonesia. Mereka yang relate dengan meme adalah mereka yang sibuk dengan games, atau kebanyakan menghabiskan waktu di Meme Comic Indonesia fanpage. Atau 1cak. Selebihnya, mereka lebih relate dengan meme Jon Snow di 9gag daripada meme Coeg dan Mad Dog.

Jadi, apa point saya nulis panjang-panjang begini? Gak ada poinnya. Yang mau saya coba sampaikan adalah viral itu bonus. Bonus dari usaha seorang digital marketer dan content strategy dalam crafting sebuah content. Menentukan cara komunikasi kepada audience, mengetahui apa yang mereka suka (bukan yang client suka), dan bagaimana menyampaikannya dengan sempurna. Caranya? Usaha dan latihan lama.

Tapi, jika Anda ingin tahu bagaimana teori di balik sebuah content yang viral, ada seorang penulis bernama Jonah Berger yang sudah mau capek-capek meneliti berbagai content viral dan dijadikan tulisan. Bukunya bernama Contagious. Coba baca buku itu.

 

Ilustrasi via digitalmarketer.id

377 Views
Write your answer View all answers to this question