selasar-loader

Apa yang menyebabkan turunnya pamor Kaskus?

LINE it!
Answered Dec 22, 2016

Bagaimana cara menyelamatkan Kaskus?


Pepih Nugraha
COO Selasar.com dan Techpreneur, yakin dengan masa depan bisnis rintisan digital

H8-xgoG4fbEyinRwB9sykfjGkj6cSu5G.jpg

Sebenarnya tidak ada parameter yang pasti sebuah web seperti Kaskus turun pamornya. Sebab, Kaskus punya kekhasan dan keunikannya sendiri. Bermula dari media tempat semua orang bisa berkasak-kusuk (kaskus), media ini besar sebelum ada situs pertemanan dan forum konvensional masih berbentuk mailing list. Karena Kaskus menjadi wadah forum komunikasi dan diskusi di mana penggunanya bisa berbagi tautan berita untuk kemudian mendikusikannya di web, maka popularitasnya cepat melejit.

Pada mulanya, konten Kaskus cenderung vulgar untuk tidak mengatakan berbau pornografi. Namun lama kealamaan, Kaskus berhasil me-rebranding dirinya sebagai sebuah forum bermartabat antaranak bangsa dengan konten berbagi pengalaman. Hingga saat ini, Kaskus adalah forum web terbesar di Indonesia dengan jutaan anggota.

Di Kaskus pulalah Forum Jual Beli (FJB) pertama kali muncul dan sempat digemari para penggunanya. Namun sejauh itu, Kaskus tidak berupaya mengubah dirinya sebagai situs e-dagang, tetap lebih memilihara ujudnya sebagai forum. Padahal, bisa jadi situs BukaLapak atau situs e-dagang lainnya mengambil ide dari FJB ini. Hanya saja, mereka yang melakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi) terhadap FJB Kaskus lebih berkonsentrasi pada "modifikasi"-nya sehingga tampil sebagai situs e-dagang yang kita kenal sekarang ini. 

Terlebih lagi, sistem keamanan FJB dalam bertransaksi saat itu belum begitu dioptimalkan, sehingga beberapa kali users FJB diramaikan oleh "penipuan online" yang sempat menjadi pembicaraan hangat. Padahal, kalau saja Kaskus bisa mengubah dirinya menjadi situs e-dagang, hal itu akan mudah dilakukan karena memiliki users yang banyak dan telah pula tumbuh bisnis online dari FJB itu.

Namun demikian, sebagai situs komunitas terbesar di Indonesia, posisi Kaskus tidak tergoyahkan.

Ilustrasi via blogspot.com

433 Views
Tommy Hutomo

saya jadi kaskuser tahun akhir tahun 2011/awal 2012 sampai sekarang. yah, memang menurun kok. tahun segitu ngejar pertamax wah banget. bikin satu thread dibela-belain riset kecil-kecilan, tujuannya nyari cendol. mulai turun sejak banyaknya kasus penipuan di fjb. maraknya fb dan twitter.  Dec 23, 2016

Rifan Abdul Azis

wah kebetulan nih, saya dulu kaskuser aktif dari 2011-2013... yang saya rasakan kaskus mundur semenjak jadi demagog politik, konten-konten yang berbau politik alias kampanye menjamur waktu itu sampai sekarang... seingat saya kaskus seperti itu sejak JKW kampanye jadi gub JKT. nah dari sana info-info menarik di kaskus makin menghilang digantikan dengan konten2 politik dan ane makin males ngaskus gan waktu itu sampai skrng. user2 asiknya juga menghilang dan skrng kalau sata ngaskus itu gak ada jiwanya kaya dulu  Dec 22, 2016

Write your answer View all answers to this question