selasar-loader

Bagaimana positioning Indonesia di dunia global?

LINE it!
Answered Jul 20, 2017

Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

vc_yQ_Nf5KHIfmAnZrxZM2L3GDtIY8kL.jpg

Positioning terhadap apa dan siapa dulu? 

Sangat penting untuk kita, bangsa Indonesia, untuk bisa  "menilai" diri sendiri. Jika positioning dianggap sebagai peringkat dalam sebuah pertandingan, lihat dulu pertandingan/game tersebut. Siapa yang bikin? Acuannya, rules of game-nya. Jika Indonesia tetap tidak percaya diri, tapi percaya dan manut dengan aturan main orang lain, tentu selamanya Indonesia hanya eksis sebagai buntut.

Dengan kesadaran penuh akan segala potensi kekuatan yang hanya kita yang punya, yang bangsa-bangsa lain tidak punya, untuk apa kita ikut rel/road map orang lain? Mau selaju apapun pergerakan kita, tetap saja kita berada di posisi buntut alias pengikut. Yang punya aturan main tentu adalah yang menjadi lokomotif yang selalu di depan. Walaupun mereka sudah sekarat dan kita makin kuat, kalau relnya punya orang, justru kita terus mendorong yang di depan untuk terus selalu didepan.

Yuk! Saatnya percaya diri. Positioning apapun tentang Indonesia, kita repositioning dengan cara kita sendiri. Hilangkan inferiority complex sebagai bangsa. Bersyukur dengan anugerah potensi besar dari Tuhan untuk bangsa ini. Bangun dari tidur panjang. Lakukan quantum dan jadi panutan dunia di masa depan!

 

Ilustrasi via fineart.com

163 Views
Write your answer View all answers to this question