selasar-loader

Apa yang anda ketahui tentang kebijakan Australia Putih (White Australia Policy)?

LINE it!
Answered Jul 20, 2017

Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

Usgb7DMz7nyyqmZKjqatdTt_U5Z3R7d9.jpg

Gambar via white-australia-policy.weebly.com

Kebijakan Australia Putih atau yang lebih dikenal dengan White Australia Policy merupakan suatu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia. Kebijakan ini ditandai dengan disahkannya Immigration Restriction Act pada tahun 1901. Kebijakan ini tidak berlaku bagi orang-orang Aborigin sebab mereka dianggap bukan menjadi bagian dari warga negara Australia. Hal ini tertuang pada dua bagian konstitusi, yakni bagian 51 dan 127. 

Pada bagian 51, orang-orang Aborigin tidak masuk ke dalam peraturan hukum yang dibuat oleh pemerintah federal Australia. Sementara itu, bagian 127 menyebutkan bahwa orang-orang Aborigin tidak masuk ke dalam sensus penduduk tingkat federal maupun negara bagian. 

Adapun tujuan dikeluarkannya kebijakan ini adalah untuk melindungi ras kulit putih, termasuk para pekerja berkulit putih dari masuknya imigran kulit berwarna, khususnya imigran asal Asia. Rakyat Australia yang berkulit putih memiliki obsesi untuk tetap mempertahankan ras mereka, seperti yang telah disebutkan di atas, upaya ini diwujudkan dengan disahkannya suatu kebijakan pada awal abad ke-20 yang dikenal dengan White Australia Policy.

Sumber :

 Fitriani, Amalia. Penerapan Kebijakan Asimilasi terhadap Anak-anak Aborigin "Half-Caste" di Australia (1937-1967). Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, 2010

427 Views
Write your answer View all answers to this question