selasar-loader

Apa alat ukur/tes psikologi yang menurutmu paling dapat menggambarkan kepribadian seseorang?

LINE it!
Answered Jul 19, 2017

Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

NuR0Q5v4YnnoXpJk9lw4Gb19kQ6TKKGu.jpg

Myers–Briggs Type Indicator

Sebagai seorang user umum alat ukur psikologi, tentu penilaian saya ini tidak lepas dari bias. 

Meskipun demikian, sampai jawaban ini ditulis, saya beranggapan bahwa Myers–Briggs Type Indicator (MBTI) adalah alat ukur psikologi terbaik yang pernah saya gunakan untuk mengetahui tipe personality seseorang.

Bicara tentang personality seseorang, rasanya tidak mungkin saya lepaskan dari konteks bagaimana cara berinteraksi dengan dan kepada orang lain secara proper. Seperti apa yang pernah dikatakan Sun Tzu, "Know thy self, know thy enemy. A thousand battles, a thousand victories". 

Terjemahan bebas dari quote di atas yang kita kaitkan dengan konteks ini adalah bahwa dengan mengenal diri sendiri dan orang lain, maka kesuksesan akan mudah diraih. Dengan memiliki alat ukur yang dapat menggambarkan dengan mudah tipe personality seseorang, secara otomatis kita akan mudah mengenal siapa diri kita dan orang lain yang bekerja sama bersama kita. Lewat cara itulah maka kesuksesan bersama dapat tercapai.

Balik lagi ke MBTI.

MBTI sebenernya alat ukur psikologi yang usianya sudah sangat tua. Risetnya dimulai sejak perang dunia ke-2, The Briggs Myers Type Indicator Handbook pertama kali dipublikasikan secara masal tahun 1944, dan ditetapkan namanya sebagai "Myers–Briggs Type Indicator" pada tahun 1956.

Perlu diketahui bahwa alat ukur ini dibangun oleh dua orang perempuan (ibu dan anak) yang sangat berminat akan tipe personality seseorang. Mereka adalah KatharineCook Briggs dan anaknya Isabel Briggs Myers. Dua peneliti ini mulai membuat dan "menyempurnakan" typographical theory yang telah dibuat oleh Carl Jung Sebelumnya. Setelah bertahun-tahun riset dan mengalami beberapa kali penyempurnaan, MBTI manual (cara menggunakan) akhirnya secara resmi released pada tahun 1985. Menariknya, karya ini masih dipakai dan relevan hingga saat ini.

Mudahnya, alat ukur ini merupakan kombinasi 4 hal utama:
1. Tentang cara seseorang berinteraksi dengan lingkungan dan ke arah mana seseorang mengarahkan energinya. Dalam hal ini dikategorikan menjadi dua karakteristik umum, yakni Extroversion (E) dan Introversion (I).
2. Jenis informasi yang biasanya seseorang perhatikan. Dalam hal ini dikategorikan menjadi dua karakteristik umum, yakni Sensing (S) dan Intuition (I)
3. Cara seseorang mengambil keputusan, yang dalam hal ini dikategorikan menjadi dua karakteristik umum, yakni Thinking (T) dan Feeling (F)
4. Cara seseorang menjalani hidup, apakah secara terstruktur atau spontan. Dalam hal ini dikategorikan menjadi dua karakteristik umum, yakni Judging (J) dan Perceiving (P).

Outcomes dari 8 tipe personality utama inilah yang akan dicombine, dan akhirnya menjadi 16 tipe personality seseorang. Menurut MBTI, setiap orang memiliki 4 kombinasi personality. Misalnya saja. Saya merupakan seseorang dengan tipe personality ENTJ yang merupakan gabungan dari Extrovert, Intuitive, Thinking dan Judging.

D7ZcoJ0kHZOcIYIYNo1fBDy4zvqZgBva.jpg

Kembali, mengapa MBTI ini menjadi alat ukur yang menarik bagi saya, karena selain menurut saya hasilnya relatif akurat, buku manual yang menjelaskan tentang MBTI ini biasanya secara gamblang dan jelas menceritakan tentang personality seseorang secara lebih detail, mulai dari keunggulan yang harus terus diasah dan dikembangkan, kelemahan yang harus diatasi, rekomendasi pekerjaan yang cocok, sampai ke bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan tipe tertentu.

rknsxI24mqgvhL3T65um36pSAVNrKBRC.jpg

Menakjubkan bukan?

Saya yakin jika lewat tool ini kita dapat mengetahui diri dan orang lain secara lebih baik, maka "pertempuran dunia" akan mudah kita menangkan. Seperti kata Sun Tzu.

Nah, yang masih penasaran tentang MBTI dan tertarik untuk langsung tes personality, bisa langsung klik di sini.

Selamat mencoba..

gambar via pinterest.com

544 Views
Muhammad Nabiel Arzyan

dari beberapa info di google, katanya situs http://www.keys2cognition.com/explore.htm lebih akurat dari 16 personalities  Jul 20, 2017

Ma Isa Lombu

Siapp. Nice info. Thx ya :)  Jul 20, 2017

Write your answer View all answers to this question

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia