selasar-loader

Apakah ada teori yang menyatakan bahwa Bangsa Eropa adalah bangsa dengan ras yang paling maju di antara semua ras yang ada?

LINE it!
Answered Jul 18, 2017

Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

WZPk4mort9BnGS67pZoUyRYHvXtXV673.jpg

Ada, yaitu teori Sosial Darwinisme. Teori Sosial Darwinisme terkenal di kawasan Australia di mana pada awal-awal abad ke-20, orang-orang kulit putih di Australia sudah terdoktrin bahwa di antara seluruh ras yang ada di dunia, ras paling maju dimiliki oleh Bangsa Eropa. Pada abad tersebut persoalan mengenai ras menjadi persoalan serius yang terjadi di Australia. Pemikiran rakyat Australia, khususnya kulit putih, sangat dipengaruhi oleh teori tersebut.

Berdasarkan teori ini, mereka (rakyat Australia) yang berkulit hitam, termasuk pula orang Aborigin, disamakan dengan kera. Teori ini juga menyatakan bahwa cepat atau lambat orang-orang berkulit hitam akan musnah. Hal ini membuat sejumlah besar rakyat Australia berkulit putih membiarkan orang-orang Aborigin tinggal di lingkungan yang tidak baik. Tindakan ini berakibat pada terjadinya perubahan yang berdampak pada penurunan jumlah orang-orang Aborigin, khususnya mereka yang merupakan keturunan asli Aborigin (full-blood) pada tahun 1930-an. 

Penurunan jumlah orang-orang Aborigin justru menimbulkan permasalahan baru. Berkurangnya jumlah orang-orang Aborigin berbanding terbalik dengan semakin meningkatnya jumlah rakyat Australia yang memiliki ras campuran (half-caste). Mereka yang memiliki ras campuran ini 50% dalam tubuhnya terkandung darah Aborigin. Inilah yang menjadi satu persoalan penting yang dihadapi rakyat kulit putih Australia saat itu. Mereka yang memiliki pemikiran konservatif takut jiika kemurnian ras (kulit putih) mereka dirusak dengan kehadiran orang-orang yang memiliki ras campuran. 

Sumber; 

Fitriani, Amalia. Penerapan Kebijakan Asimilasi terhadap Anak-anak Aborigin "Half-Caste" di Australia (1937-1967). Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, 2010. 

Gambar via: pinterest.com

479 Views
Write your answer View all answers to this question