selasar-loader

Apakah kamu pernah merasa bahwa ide/inspirasimu sering baru bisa muncul saat mendekati deadline? Bagaimana caramu mengatasi agar mengubahnya menjadi kebiasaan yang baik?

LINE it!
Answered Jul 17, 2017

Doddy Hidayat
Founder Ro-cket Pizza Indonesia

9xivy1vaS1zybOQb1tWSGGLPxGECPeYz.jpg

Ide baru muncul menjelang deadline? Widiiw... itu berbahaya!

Kalau kata orang, ide itu muncul begitu saja, agak kurang tepat sebenarnya. Ide itu harusnya gift karena luasnya wawasan dan pengalaman. Jam terbang!

Ide cemerlang itu seperti hint dari pemberi ide, siapa lagi kalau bukan Tuhan. Seperti melukis, ide adalah buah dari kemampuan seseorang untuk mengumpulkan, menyusun, dan mendistribusikan sign abstrak yang berkelebatan secara random. Kehebatan ide justru terletak dari ketidakterikatannya pada metodologi apapun. Kalau ada buku berjudul Metodologi Menyusun Ide, misalnya, ya pasti ngawur itu. Tapi, kalau ada yang bilang bahwa ide adalah bagian dari perjalanan atau proses kreasi yang terkumpul dari proses kehidupan seseorang, nah, itu baru benar.

Bagi saya, syaratnya cuma satu: Jangan pernah menolak tamu yang bernama calon ide dari siapapun, dari pintu manapun, dan dari kejadian apapun. Penuhilah rumah jiwamu dengan tamu-tamu tidak diundang tersebut. Nanti, giliran diperlukan, pasti absen sendiri. Kalau kita biarkan lepas dijalanan, susah mengundangnya kembali. Biasakan itu, Insya Allah, tuan rumah yang ramah pasti akan dibantu oleh tamu-tamu tidak diundang yang bernama calon ide-ide tersebut.

 

Ilustrasi via inc.com

277 Views
Write your answer View all answers to this question