selasar-loader

Apakah para lulusan sejarah dapat menangkal maraknya berita bersifat hoax?

LINE it!
Answered Jul 13, 2017

Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

o4M1oDsWqe0gwg3h4tTgA8Zvea69SX5a.png

Apakah hoax yang dimaksud adalah hoax yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di masa lampau? Jika iya, para lulusan Sejarah akan mampu menyangkal hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta. Perlu digarisbawahi, tidak semua para lulusan Sejarah akan mampu melakukan demikian. Mengapa? Karena tidak semua mereka yang berasal dari Prodi IImu Sejarah berada di jalur yang semestinya lulusan Sejarah lakukan, dalam artian lain yakni sebagai sejarawan. 

Hal ini mungkin tidak hanya terjadi pada Prodi Ilmu Sejarah saja yang ketika lulus, pekerjaan yang diperoleh tidak sesuai dengan jurusan yang ia tempuh selama kuliah. Namun, dalam pertanyaan ini memang lebih difokuskan pada mereka yang merupakan lulusan Sejarah. Sebagai seorang mahasiswi Sejarah, saya diajarkan untuk berbicara berdasarkan fakta. Hal ini dilakukan untuk menghindari segala bentuk kekeliruan atau ketidaksesuaian dengan apa yang terjadi sebenarnya. 

Para mahasiswa atau lulusan Sejarah pasti diajarkan metode penelitian milik Sejarah yang digunakan untuk mengungkapkan fakta yang terjadi. Hoax atau dalam hal ini saya katakan sebagai peristiwa yang tidak sesuai dengan fakta, khususnya yang terjadi pada masa lampau, memang sudah seharusnya dapat disangkal oleh saya dan teman-teman Sejarah lainnya. Untuk dapat membuktikan fakta tersebut, perlu melalui tahapan-tahapan yang harus dilakukan hingga akhirnya mampu menuliskan suatu peristiwa berdasarkan fakta yang telah ditemukan.

Sumber gambar via fitnyc.edu

340 Views
Write your answer View all answers to this question