selasar-loader

Mengapa kuliah di Inggris begitu menarik dan prestisius?

LINE it!
Answered Jul 06, 2017

Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

LTR-yNM4V6Ejkf37rmviBHRQ_ZckedV6.jpg

Mengapa tertarik kuliah di Inggris? Pertanyaan ini saya endapkan cukup lama, sampai betul-betul saya yakin akan berangkat ke UK. Alhamdulillah, insya Allah tahun ini saya akan berangkat kuliah Master di UK.

Mengapa UK menjadi pilihan, jawaban cukup klise untuk saya. Pertama, tentu soal kualitas pendidikan. Tentu UK adalah salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang bagus, tak kalah dengan USA atau negara-negara Eropa, dan menariknya kualitasnya bisa dikatakan merata, banyak jurusan atau bidang studi terbaik serta unik ada di universitas yang tersebar di seantero UK. Kuliah Master pun cukup singkat, khususnya Master by tought hanya 12 bulan, padat, tidak menghabiskan banyak waktu namun tetap berkualitas. 

Kedua, soal budayanya yang menarik. UK, khususnya London yang menjadi pilihan saya untuk kuliah adalah salah satu kota yang multikultural, sangat menghormati perbedaan, sehingga akan sangat nyaman untuk mahasiswa internasional dalam belajar. Saking banyaknya orang dari berbagai negara, akan memudahkan membangun network ke seluruh dunia.

Alasan ketiga, banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari bangunan klasik hingga hiburan kelas dunia. Hal ini tentu akan memberi keseimbangan dalam hidup seorang mahasiswa, tak melulu belajar, namun dapat juga bersenang-senang dalam rangka manajamen burn out.

Keempat, selain UK sendiri, tentu kesempatan menjelajah negara Eropa lainnya akan lebih mudah, relatif dekat, dan biaya tak terlalu mahal.

Buat saya, empat alasan inilah yang membuat UK menarik sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

Ilustrasi via t1.aimg.sk

224 Views
Write your answer View all answers to this question