selasar-loader

Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

LINE it!
Answered Jul 04, 2017

Pengalaman buruk yang didapatkan saat berkunjung ke sebuah negara untuk pertama kalinya kerap meninggalkan trauma yang membekas. Negara manakah yang membuat Anda trauma? Apa penyebabnya?


Rininta Ariastyanti
Penggemar negara Swiss sejak belajar IPS

f_akW3quMA6XwTfxLS9dviEOHRDNymb3.jpg

Cina.

Tidak dengan tur, apalagi tidak pakai tur.

Jika bepergian dengan tur di Cina, kita diwajibkan untuk datang ke tempat-tempat yang diharuskan pemerintah. Seperti museum teh, batu-batuan, sutra dan sebagainya.

Mengingat siapa yang dibawa dan apa tujuan berlibur ke Cina, bisa saja tempat tersebut membosankan bahkan tidak menarik. Akibatnya waktu terbuang untuk tempat yang kita tidak enjoy. Belum lagi setelah berkeliling museum, saya diharuskan mendengar mereka menawarkan produknya. Tidak tertarik beli tetap saja harus dengar.

Kemudian, jika belanja harus selalu menawar. Orang-orang di sana mematok harga sepuluh kali lipat dari harga jual sebenarnya dan ketika saya datang menawar saya malah disebut gila. Harus menawar, dimaki, dan jual mahal untuk membuat penjual mengalah. Setiap kali membeli barang, bukan hal yang menyenangkan buat saya.

Jika tidak pakai tur, destinasi jalan-jalan jadi lebih fleksibel. Tetapi sistem transportasi di sana tidak lebih rapi daripada di Jepang, sehingga mengatur itinerary lebih sulit. Di sana, jika tidak ada "link", harga masuk wisata dan harga makanan bisa jauh lebih mahal. 

Serba salah ya? Inilah yang membuat saya tidak mau ke sana lagi.

gambar via tmpo.co

215 Views
Write your answer View all answers to this question