selasar-loader

Apakah Anda mengerti aturan membawa cairan ke dalam kabin pesawat?

LINE it!
Answered Jul 04, 2017

Hawa Sadewi
Administration Officer and I'm a Foodie

    

Image result for aturan membawa cairan ke kabin pesawat

 

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : skep/43/iii/2007 Tanggal 6 Maret 2007 tentang Penanganan Cairan, Aerosol, dan Gel (liquids, aerosols and gels) yang dibawa penumpang ke dalam kabin pesawat udara pada penerbangan internasional.

  1. Penumpang pesawat udara dapat membawa cairan, aerosol, dan gel ke dalam kabin pesawat udara sebagai barang bawaan untuk keperluan sendiri, yaitu:
    a. Minuman;
    b. perlengkapan  kosmetik;
    c. obat-obatan;
    d. keperluan  sehari-hari, dll.
  2. Cairan, aerosol, dan gel yang menjadi barang bawaan calon penumpang dapat: 
    a. Dibawa sendiri oleh calon penumpang sebelum masuk ke dalam bandar udara;
    b. diperoleh atau dibeli di toko bebas bea di dalam bandar udara (airport duty free shop) dan/atau di pesawat udara.
  3. Cairan, aerosol dan gel yang dibawa sendiri oleh calon penumpang sebelum masuk ke dalam  bandar udara harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    a. Kapasitas wadah atau tempat cairan, aerosol, dan gel maksimum 100ml atau ukuran sejenis;
    b. wadah berisi cairan, aerosol, dan gel tersebut dimasukkan ke dalam 1 (satu) kantong plastik transparan ukuran 30x40cm yang disediakan oleh pihak pengelola bandara dan maskapai penerbangan dengan kapasitas cairan, aerosol, dan gel maksimum 1000ml atau 1 (satu) liter atau ukuran sejenis dan disegel ulang;
  4. ​​c. Setiap calon penumpang pesawat udara hanya diijinkan membawa maksimum 1 (satu) kantong plastik transparan yang berisi cairan, aerosol, dan gel.
  5. Persyaratan cairan, aerosol dan gel tersebut tidak berlaku untuk : 
    a. Obat-obatan  medis;
    b. makanan/minuman/ susu bayi; dan
    c. makanan/minuman penumpang untuk program diet khusus.
  6. Dalam hal calon penumpang membawa cairan, aerosol, dan gel melebihi ketentuan dalam persyaratan kapasitas tersebut, maka cairan, aerosol, dan gel harus dimasukkan ke dalam bagasi tercatat (hold baggage) dan/atau akan disita oleh petugas sekuriti bandar udara.
  7. Cairan, aerosol, dan gel yang dibawa penumpang karena diperoleh atau dibeli di toko bebas bea di dalam bandar udara duty free shop) dan/atau di pesawat udara harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: 
    a. Wadah berisi cairan, aerosol, dan gel tersebut ditempatkan dalam kantong plastik transparan yang disediakan oleh pengelola toko bebas bea dan disegel ulang;
    b. memiliki bukti pembelian;
    c. pada waktu pemeriksaan, kantong plastik transparan yang berisikan cairan, aerosol, dan gel harus terpisah dengan barang bawaan lainnya.
  8. Terhadap pelanggaran ketentuan penanganan cairan, aerosol, dan gel yang dibawa penumpang ke dalam kabin pesawat udara yang diatur dalam peraturan ini diberi sangsi sesuai ketentuan yang berlaku.

Sumber: http://www.dephub.go.id
Sumber gambar: Instagram

442 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored